Bupati Bolsel Hadiri Rakornas Kependudukan dan Catatan Sipil, Begini Kata Dirjen Dukcapil

BOGANINEWS, BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, SPt, MSi, Rabu, (8/2/2023) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2023.

Kegiatan Rakornas yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) dengan tema “Digitalisasi Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024” yang dilajsanakan di Novotel Convention Center Manado dihadiri Mendagri Tito Karnavian yang diwakili Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandow.

Mendagri Tito Karnavian yang diwakili Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Bupati/Walikota dan Kadis Dukcapil se-Indonesia yang hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Bupati Bolsel mengatakan Wagub Sulut Steven Kandouw menegaskan walaupun baru saja dilanda bencana, Provinsi Sulut khususnya Kota Manado bisa menggelar Rakornas yang berarti daerah ini masih aman. “Terkait digitalisasi data, Wagub Steven mengakui hal ini sangat penting karena tanpa digitalisasi kita akan kesulitan,” Kata Bupati.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil menjelaskan bahwa pendataan bisa dilakukan dengan tertib dan tanpa tercecer bila dilakukan dengan cara jemput bola yaitu terjun langsung.

Ia juga meminta jajaran Dukcapil untuk mempermudah pelayanan terutama yang sudah ada anjungan Dukcapil mandiri. “Gunakanlah NIK sebagai dasar untuk persyaratan dan jangan ada Pungli dalam setiap pelayanan,” Pintanya.

Tak hanya itu Dirjen Dukcapil mengajak mengajak agar meningkatkan pelayanan secara online. “Karena ke depannya KTP akan di-digitalisasi agar bisa mempermudah masyarakat,” Jelasnya.

Diketahui, kegiatan ini diikuti para Bupati Walikota se-Indonesia, Kadis Capil dan jajaran se-Indonesia, perwakilan World Bank dan pimpinan PD terkait lainnya.***

 

Reporter: Holan Botutihe

 

Komentar