PDIP dan PPP Bakal Koalisi di Pilkada Bolmut 2024

BOGANINEWS, BOLMUT – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Rabu (24/4/2024) mengikuti Rapat Koordinasi Bidang Nasional (Rakorbidnas) melalui Zoom Meeting.

Menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Bolmut, Amin Lasena, rakor kali ini membicarakan mekanisme pendaftaran bakal calon kepala daerah baik provinsi maupun kabupaten kota. Rekrutmen calon kepala daerah dan wakil kepala daerah akan dilakukan di tingkat DPD, karena surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan menegaskan bagi daerah pemenang Pemilu legislatif, prioritas dalam perekrutan calon kepala daerah adalah kader atau internal partai.

“Untuk memperkuat peluang kemenangan pada Pilkada 2024, maka PDI Perjuangan Bolmut, akan melakukan koalisi partai dengan menggandeng Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Bolmut. Jika calon bupati berasal dari PDI Perjuangan, maka calon wakil bupatinya akan diambil dari PPP. Namun PDI Perjuangan tetap terbuka untuk bergabung dengan partai lain yang ingin bersama-sama dengan koalisi PDI Perjuangan dan PPP,” jelas Amin.

Lanjutnya, DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara (Sulut), saat ini sedang melakukan survei terbuka, hasil survei tersebut akan menjadi dasar bagi partai untuk mengundang kandidat yang akan diajukan pada tingkat DPP untuk mendapatkan rekomendasi dan persetujuan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“DPP PDI Perjuangan telah mengirimkan surat kepada DPD dan DPC, terkait mekanisme pendaftaran bakal calon kepala daerah baik untuk provinsi maupun kabupaten kota,” kata Amin.

Diketahui, rakor tersebut dihadiri Ketua DPC PDI Perjuangan Bolmut Amin Lasena, yang didampingi Sekertaris PDI Perjuangan Abdul Zamad Lauma, dan para kader PDIP Bolmut.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar