TKN Prabowo-Gibran Instruksikan KIM Bolmut Harus Solid Menghadapai Pilkada 2024

BOGANINEWS, BOLMUT – Dinamika politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bolaang Momgondod Utara (Bolmut) 2024, semaking kuat. Komunikasi politik lintas partai pun mulai dibangun, guna menghadapi Pilkada mendatang.

Seperti disampaikan Ketua Relawan Bogani Prabowo-Gibran, Aditya Didi Moha (ADM), bahwa pada momentum Pemilhan Gubernur (Pilgub) dan Pilkada 2024 Koalisi Indonesia Maju (KIM) punya prioritas yang berada pada KIM. Namun jika di daerah-daerah KIM kurang atau tidak memenuhi, maka akan berkomunikasi dengan partai di luar KIM.

“Pada Pilgub dan Pilkada 2024 KIM akan mengutamakan atau memprioritaskan koalisi seperjuangan pada Pilpres kemarin. KIM juga tidak akan menutup pintu dengan partai lain, KIM akan tetap dinamis dengan konstalasi politik baik lokal maupun regional,” jelas ADM, Rabu (24/4/2024).

Sementara itu, Sekertaris Tim Kerja Daerah (TKD) Iqra Bangko, mengatakan, saat ini KIM pusat sangat solid. Beberapa hari lalu diperintahkan kepada ketua dan sekertaris TKD Prabowo-Gibran untuk berkordinasi dengan partai yang berada di KIM, agar tetap solid dari pusat sampi Kabupaten Kota.

“Sebagai kader Demokrat Bolmut, saya harus memastikan untuk berkordinasi serta komunikasi dengan KIM yang ada di Bolmut, sesuai dengan petunjuk TKN Prabowo-Gibran untuk tetap solid,” akunya.

Lanjutnya, sebagai Ketua BP OKK Demokrat Bolmut, sangat bertanggung jawab melakukan konsolidasi koalisi KIM di Bolmut, untuk menyampaikan apa yang menjadi instruksi TKN yang kemungkinn besar untuk mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmut pada Pilkada Bolmut 2024 dari KIM.

Sesuai perintah amanat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bapilu Partai Demokrat, untuk meminta nama-nama Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan dicalonkan pada Pilkada 2024. Pasalnya, DPP Bapilu juga meminta harus dimasukan nama-nama di luar Partai Demokrat yang akan masuk pada survei Partai Demokrat.

“Kami Partai Demokrat sudah mengantongi nama yang akan di survei untuk dilaporkan ke provinsi yang disampaikan ke DPP Demokrat. Dan saya belum bisa buka di publik, karena ini menyangkut kerahasiaan partai,” kata Iqra.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Bolmut Kompol. (Purn) Hi. Teddy Pontoh, saat dimintai tanggapannya mengatakan, PAN Bolmut akan mengambil langkah politik yang terbaik, apabila koalisi KIM akan berlanjut pada momentum Pilkada Bolmut 2024, itu sangat baik.

Hal itu akan terwujud dan tergantung Calon Bupati dan Wakil Bupati 2024 dan Partai Politik yang tergabung pada KIM. PAN sendiri walupun hanya bisa meraih satu kursi pada Pileg 2024, tidak pesimis dengan hal itu tetapi PAN mempuyai hak mengusung pada Pilkada Bolmut, meski harus berkoalisi dengan parpol lain.

“Untuk Pilkada Bolmut 2024, PAN sendiri akan melirik kandidat yang berpeluang serta bisa berkomitmen. Akan tetapi DPD PAN Bolmut masj akan menunggu arah politik dari DPP dan DPW PAN Sulut untuk Pilkada nanti. Kami DPD PAN Bolmut diberikan kesempatan untuk berkordinasi dengan semua Partai Politik di Bolmut, karena PAN Bolmut sampai saat ini menunggu koordinasi dan komunikasi baik itu para Calon Bupati atau Wakil Bupati atau ketua-ketua Partai Politik,” terang Teddy.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar