Pertama di Indonesia, PT J Resources Asia Pasifik Luncurkan Truck Listrik di Site Bakan

BOGANINEWS, BOLMONG – Perusahaan pertambangan ternama Nasional PT J Resources Asia Pasifik  di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (27/3/2024) meluncurkan alat berat truk listrik electrik Liugong DT perdana di site desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong.

Diketahui, lokasi pertambangan J Resources yang terletak di desa Bakan membentang di dua wilayah yakni kabupaten yakni Bolmong dan Bolsel.

Sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk menjaga lingkungan dan pelestarian lingkungan, maka dilakukan pengoperasian alat ramah lingkungan mobil truk elektrik oleh PT J Resources  yang bekerjasama degan PT Samudera Mulia Abadi (SMA).

PT J Resources Asia Pasifik (PSAB) melakukan langkah penting dalam pengurangan emisi karbon.

Upaya ini didukung dengan langkah nyata, yaitu peluncuran 2 unit truk listrik perdana di kantor J Resorces site Bakan.

Dua unit truk listrik ini resmi beroperasi di J Resources site Bakan dengan kapasitas angkut 70 ton, dan hanya memerlukan waktu 90 menit untuk dapat mengisi daya hingga penuh di stasiun pengisi daya listrik.

Menurut Presiden Direktur J Resources Anang Rizkani Noor, bahwa peluncuran 2 unit truk listrik ini dilakukan melalui kerja sama dengan kontraktor pertambangannya yakni PT SMA.

“Sebagai bentuk komitmen kami untuk mendukung penuh program pemerintah pusat terkait pelestarian lingkungan, kami mengucapkan terima kasih kepada PT SMA yang telah berkolaborasi dengan kami dimana peluncuran truk listrik ini adalah satu-satunya dan pertama di Indonesia,” ujar Anang.

Selain itu, Anang juga mengucapkan terima kasih kepada dua pemerintah daerah yakni Pemkab Bolmong dan Pemkab Bolsel, yang selama ini terus memberi dukungan hingga pihaknya J Resources bisa beroperasi di site Bakan.

“Ucapkan terima kasih kepada Pemkab Bolmong dan Pemkab Bolsel yang telah membimbing dan membantu hingga J Resource berjalan baik di sini,” ucap Anang saat diwawancarai awak media usai peluncuran.

Lanjutnya, inisiatif pengurangan emisi karbon ini bukan yang pertama, karena sebelumnya J Resources mengganti sumber energi dari BBM menjadi listrik untuk kegiatan operasional dua anak usahanya, yaitu PT J Resources Bolaang Mongondow di site Bakan dan PT Arafura Surya Alam site Doup.

“Inisiatif perubahan sumber energi di dua site dan pemakaian dua unit truk listrik ini dapat mengurangi emisi karbon sebesar 54 persen per tahun dibandingkan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut dengan menggunakan sumber energi BBM,” jelasnya.

Menurutnya, dua langkah pengurangan emisi karbon ini merupakan bagian dari pencapaian J Resources pada scope 1 dan scope 2 protokol ESG (Environment, Sosial, and Governance) yang pengukuran pencapaian tahunannya mulai diterapkan perusahaan pada tahun ini.

“Kedua inisiatif pengurangan emisi karbon ini merupakan kontribusi perusahaan untuk mewujudkan nett zero emission Indonesia pada tahun 2060,” ujarnya.

Oleh sebab itu ia berharap dengan ketambahan armada baru di pertambangan J Resources ini bisa memberikan kontribusi besar di bidang pertambangan.

“Bukan hanya sampai disitu, kedepan kita akan terus menunggu kendaraan-kendaraan listrik yang lebih handal untuk digunakan khususnya di bidang pertambangan,” akunya.

Acara peluncuran ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Pemkab Bolmong Abdullah Mokoginta, Asisten 2 Pemkab Bolmong Moh Ichsan Utiah,  Presdir PT Samudera Mulia Abadi (SMA) Wellten Nicxon Sastroamijoyo, jajaran staf J Resources, karyawan PT SMA, hingga tokoh masyarakat setempat.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar