Inilah 4 Parpol dan Profil Singkat Nama-Nama Caleg Terpilih di Dapil I Kotamobagu Utara

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Progres real count KPU untuk hasil hitung suara pemilu legislatif DPRD Kota/Kabupaten 2024 di Dapil I Kotamobagu Utara sudah mencapai 100 persen.

Dengan hasil itu, maka sudah dapat dipastikan siapa saja Partai Politik beserta para Caleg yang berhasil merebut kuota empat kursi di Dapil I Kotamobagu Utara pada Pemilu 2024 ini.

Empat partai yang dipastikan merebut kursi di Dapil I Kotamobagu Utara yaitu PDI Perjuangan, PKB, Golkar dan Nasdem.

Keempat partai tersebut masing-masing meperoleh suara yakni PDI Perjuangan 3.614 suara, PKB 2.162 suara, Golkar 1.880 suara, dan Nasdem 1.322 suara.

Menariknya, Nasdem berhasil menyegel kursi terakhir di dapil yang terbilang ‘Dapil Neraka’ ini dengan hanya selisih tipis dari Demokat yang meraih 1.295.

Lantas siapa saja para caleg dari keempat partai ini yang dipastikan terpilih sebagai wakil rakyat untuk 5 tahun kedepan nanti?

PDI Perjuangan sebagai partai peraih suara terbanyak di Dapil I Kotamobagu Utara, ada sosok politisi muda Shandry Anugerah Hasanuddin dengan nomor urut empat yang dipastikan terpilih sebagai anggota dewan.

Meski baru pertama kali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat, mantan aktivis HMI ini sukses meraup suara terbanyak dari tiga Caleg PDIP lainnya yakni sebanya 1.335 suara.

Dengan hasil itu, maka dipastikan Ketua KNPI Kotamobagu periode 2022-2025 ini tinggal menunggu proses berjenjang rakapitulasi secara Nasional untuk dilantik.

Hasil itu juga menjadi bukti bagi partai berlambang banteng moncong putih untuk memberikan kesempatan bagi kaum muda untuk mengabdi bagi bangsa ini sukses tercapai.

Sementara untuk PKB yang berhasil meraup 2.162 suara, anggota DPRD Kota Kotamobagu dua periode Dani Ikbal Mokoginta kembali dipastikan terpilih untuk periode ketiga kalinya.

Politisi senior PKB Kotamobagu ini berhasil memporoleh 899 suara atau yang terbanyak dibanding 3 Caleg PKB lainnya.

Selanjutnya Partai Golkar kembali dimenangkan oleh Herdy Korompot. Politisi ulung Golkar ini kembali sukses meraup suara terbanyak di internal Beringin untuk periode ketiga kalinya.

Menariknya, tidak hanya meraih suara terbanyak di Golkar, Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu periode 2019-2024 ini juga sukses menjadi Caleg dengan capaian suara terbanyak di Dapil I Kotamobagu Utara yakni sebanyak 1.616 suara.

Adapun Partai Nasdem dengan kembali majunya figur sekelas Ahmad Sabir membuat kejayaan Nasdem untuk memperoleh satu kursi di Dapil IKotamobagu Utara terwujud.

Terbukti, Ahmad Sabir atau biasa disingkat AS ini kembali terpilih untuk periode ketiga kalinya dengan capaian suara sebanyak 1.026 atau unggul jauh dari Caleg Nasdem lainnya.

Berikut Partai Poltik pemenang di Dapil 1 Kotamobagu Utara lengkap dengan daftar nama Caleg dengan capaian suara berdasarkan real count KPU dengan progres 100 persen:

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (3)
1. RENSA BAMBUENA, SE (589 suara)
2. HARIONO SUGEHA, SH (1.110 suara)
3. QHEZIA QREN TUUK, S.M (519 suara)
4. SHANDRY ANUGERAH HASANUDDIN (1.335 suara)

Jumlah Suara Sah Partai Politik   : 61
Jumlah Suara Sah Partai Politik dan Calon : 3.614

Partai Kebangkitan Bangsa (1)
1. DANI IKBAL MOKOGINTA (899 suara)
2. LASTUTI MOKODOMPIT (732 suara)
3. MEYSI MOKOGINTA (7 suara)
4. MOHAMMAD TEDDY PURNOMO AKE, S.T  (473 suara)

Jumlah Suara Sah Partai Politik : 51
Jumlah Suara Sah Partai Politik dan Calon : 2.162

Partai Golongan Karya (4)
1. HERDY KOROMPOT (1.616 suara)
2. SOFYANA ABDULLAH (122 suara)
3. Dra. KARTINI SUGEHA (17 suara)
4. SITI HARDIYANTI MOKOGINTA, S.E(78 suara)

Jumlah Suara Sah Partai Politik : 47
Jumlah Suara Sah Partai Politik dan Calon : 1.880

Partai NasDem (5)
1. AHMAD SABIR, S.E. (1.026 suara)
2. MOHAMAD MUSLY MOKOGINTA, S.T (186 suara)
3. LAILY MOKODOMPIT (47 suara)
4. FETY MAKALUNSENGE (16 suara)

Jumlah Suara Sah Partai Politik : 37
Jumlah Suara Sah Partai Politik dan Calon : 1.322

Disclaimer: Penetapan resmi hasil suara maupun perolehan kursi masih menanti hingga proses pleno berjenjang selesai.

Penulis: Sutrisno Tola

Komentar