Pasien Katarak Akan Jalani Operasi Mata

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dalam waktu dekat ini, Sebanyak 20 pasien katarak mata di Kotamobagu akan segera menjalani operasi mata.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu Devi Ch Lala mengatakan, hal ini akan dilakukan Dinkes Kotamobagu bersama Balai Mata Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Prov-Sulut).

“Dalam waktu dekat kita akan lakukan itu, ada sekitar 20 pasien di Kotamobagu yang akan dioperasi mata karena Balai pengobatan mata dari Manado sudah menetapkan jumlah pasien di Kotamobagu, namun kita masih menunggu jadwal dari Balai Mata,” ungkap Devi, Selasa (06/11).

Menurutnya, operasi mata ini merupakan keuntungan bagi pasien karena operasi mata tersebut tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. “Rencana kegiatan operasi mata lokasinya ada dua opsi, yakni di Desa Poyowa Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan dan atau dilaksanakan di Dinkes Kotamobagu sebab kita harus menempati tempat pelaksanaan yang steril,” jelasnya.

Dalam waktu dekat ini puluhan pasien akan di operasi mata. Itu pasien yang sebelumnya sudah pernah dilakukan pemeriksaan mata beberapa waktu lalu. “Ini sudah menjadi kegiatan rutin kita setiap tahun, karena pengobatan mata gratis ini bukan hanya di Kotamobagu tetapi se-Sulut, jadi saat ini kami tinggal menunggu giliran,” pungkasnya. (Tr01/Ino)

Komentar