Dekatkan Pelayanan Kependudukan, Disdukcapil Boltim Dor To Door di Kecamatan

BOGANINEWS, BOLTIM – Guna memudahkan masyarakat dalam mengurus dan mendapatkan dokumen kependudukan, maka Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), mulai membuka pelayanan dokumen administrasi kependudukan di setiap kecamatan.

Kepala Dinas Dukcapil, Subari Manangin, mengatakan, pelayanan dimulai di Kecamatan Modayag Barat, yang dipusatkan di Kantor Kecamatan, pada Rabu (31/8/2022).

“Pelayanan administrasi kependudukan itu dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dan mendapatkan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akta lahir. Hal itu juga sejalan dengan program mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang digagas Bupati Sam Sachrul Mamonto. Pelayanan semua dokumen kependudukan ini gratis atau tidak di pungutan biaya,” aku Manangin.

Dijelaskannya, pelayanan di tiap kecamatan di buka selama tiga hari, atau disesuaikan dengan tingkat kunjungan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. “Tiga hari kemudian masih ada masyarakat yang datang, maka pelayanan tetap kami buka. Setelah itu baru kita bergeser ke kecamatan yang lain,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, ada kerja sama pemerintah desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelayanan tersebut.

“Diharapkan para sangadi dapat menginformasikan kepada masyarakat bahwa, ada pelayanan dokumen kependudukan di tiap kantor kecamatan.Pelayanan dokumen kependudukan di wilayah kecamatan sangat membantu masyarakat terutama yang tinggal di wilayah yang jauh dari ibukota kabupaten yakini di Tutuyan. Jadi masyarakat tak perlu lagi ke Tutuyan untuk mengurus dokumen kependudukan, karena sudah ada di kecamatan,” pungkasnya.

 

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar