Puskesmas Nuangan Canangkan Deklarasi Program Stop BABS dan Tiga Inovasi

BOGANINEWS, BOLTIM – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Boltim, Hariyono Sugeha, menghadiri Deklarasi Stop Buang Air Besar (BABS), bertempat di Desa Nuangan Satu Kecamatan Nuangan, Senin (30/9/2019).
Acara tersebut ditandai dengan penandatanganan dan pembacaan ikrar bersama tentang stop BABS.
Pada kesempatan itu, Hariyono menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa Nuangan Satu dan Puskesmas Nuangan, yang telah mendeklarasikan Stop BABS. Ia juga meminta langkah ini di ikuti oleh pemerintah desa lainnya dengan melaksanakan dan mensosialisasikan stop BABS kepada masyarakat, sehingga perilaku BABS dapat di hentikan.
“Ketika masyarakat sembarangan buang air besar di suatu tempat, apa terlebih di sungai, maka itu langkah pertama penyebaran penyakit. Saya menghimbau pemerintah desa agar mendata masyarakat atau kepala keluarga yang belum jamban, agar bisa di bangun dengan anggaran sana desa,” pinta Hariyono.
Dituturkannya, stop BABS merupakan salah satu program pemerintah pusat dan telah tertuang pada Peraturan Kemenkes RI nomor 3 Tahun 2014, tentang Stop BABS, cuci tangan dengan air sabun, Sanitasi pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengawasan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga.
“Ini adalah program pemerintah demi kesehatan kita bersama, sehingga perlu mendapat dukungan dari masyarakat. Stop BABS perlu di aplikasikan oleh seluruh masyarakat karena sangat berdampak positif bagi kesehatan kita bersama,” jelasnya.
Terpisah, Kepala Puskesmas (Kapus) Nuangan, Viera Paputungan mengatakan, selain deklarasi Stop BABS, PKM Nuangan juga berinovasi dengan beberapa program.
“Kami sangat mengharapkan kerjasama Pemdes dan masyarakat se-Kecamatan Nuangan agar dapat ikut berperan dalam program stop Babs dan Germas. Selain stop Babs, ada inovasi Wisuda Imunisasi Dasar Lengkap Mantap (Idaman), ini bagi anak yang telah lengkap imunisasi, ada Pencanangan pos pelayanan terpadu (Posyandu terintegrasi) dan pencanangan kegiatan Gerakan Minum Obat Serentak Tablet tambah Darah pada Remaja Putri (Gemas Tetap Rapi),” papar Viera. (Agung)

Komentar