Beranda Advertorial DPRD Bolsel Gelar Paripurna Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Wakil Ketua Dewan

DPRD Bolsel Gelar Paripurna Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Wakil Ketua Dewan

0
BERBAGI
Sidang paripurna yang digelar DPRD Bolel.

BOGANINEWS, BOLSEL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Rabu (5/12) menggelar paripurna istimewa dalam rangka pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Ketua Dewan. Sidang paripurna tersebut, berlangsung di ruang paripurna dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolsel Abdi Van Gobel.


Saat memimpin jalannya sidang, Ketua DPRD Bolsel mengucapkan selamat kepada kedua wakil ketua DPRD Bolsel yang baru masing-masing Hartina Baru dari partai Golkar dan Irma Dilapanga dari partai Demokrat, yang menggantikan posisi Abdul Razak Bundal dan Fadli Tuliabu. “Juga terima kasih atas pengabdian serta dedikasi yang tinggi kepada bapak Abdul Razak Bunsal dan Fadli Tuliabu yang telah menjabat sebagai wakil ketua dan anggota DPRD periode 2014-2018,” ucap Ketua DPRD Bolsel.

Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap wakil ketua DPRD itu, dihadiri langsung Bupati Bolsel Iskandar Kamaru. Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada wakil ketua DPRD yang baru dilantik. “Saya berharap pelantikan ini akan membawa kinerja DPRD semakin menjadi dinamis dan meningkat. Begitu juga fungsi ideal wakil ketua DPRD dapat dijalankan dengan baik,” harapnya.

Dikatakannya, proses dan tahapan serta mekanisme pergantian wakil ketua DPRD telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Pasal 328 ayat 5 Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 sebagaimana telah di ubah dengan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2018 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan DPRD bahwa pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD di pandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi. Juga ketentuan Pasal 39 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman tata tertib DPRD provinsi, kabupaten dan kota.

“Dalam konteks otonomi daerah ini eksistensi lembaga DPRD mutlak dibutuhkan dan diperhitungkan. Mengingat DPRD selain representasi rakyat juga merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Dalam kaitan itu, maka keberadaan wakil ketua pimpinan DPRD menjadi sangat penting dan strategis,” terang Bupati.

Diketahui, pelantikan dua wakil ketua DPRD Bolsel yang baru dihadiri Dandim 13O3 Bolmong Letkol Infantri Sigit Dwi Cahyono, Kajari Kotamobagu Dasplin SH MM, Kapolsel Bolaang Uki Kompol Baharudin Samin, Kepala Seksi Dimas Islam Kementerian Agama Maksum Maspeke, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta tamu dan undangan. (Advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.