Bupati Bolsel Bersama Wabup Hadiri Persembahyangan Melasti Umat Hindu

BOGANINEWS, BOLSEL- BUPATI Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), H. Herson Mayulu SIP (H2M) didampingi Wakil Bupati Iskandar Kamaru SPt, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, Kamis (20/9) menghadiri Persembahyangan Melasti umat Hindu Dharma se Bolaang Mongondow Raya (BMR), yang digelar di kompleks perkantoran Bupati di kawasan Panango.

Upacara keagamaan umat Hindu tersebut, berlangsung sekira pukul 10.00 WITA, yang dihadiri Ketua Parisada Hindu Dharma Kabupaten Bolsel, Ketua Parisada Hindu dharma Bolaang Mongondow, serta ribuan umat hindu se BMR. Bupati dalam sambutannya sebagai pemerintah menyampaikan, selamat merayakan upacara Dasa Warsa Ngenteg Linggih atau Padudusan Alit Pura Puseh Desa Adat Werde Agung Bersatu.

“Saya berterima kasih, kegiatan persembahyangan umat Hindu dilaksanakan di Bolsel. Saat ini kami pemerintah daerah sedang membangun tiga rumah ibadah yakni Masjid, Gereja dan Pura. Ini dimaksudkan untuk mendukung Visi daerah Religius dengan tujuan semua kita ciptaan tuhan, untuk takut  tuhan. Bagi umat Hindu Dharma di Bolsel, selalu terbuka ketika ingin melaksanakan upacara ke agamaan,” terang Bupati.

Kedepan kata Bupati, Bolsel akan membangun monumen kerukunan umat beragama dengan tujuan menjadikan Bolsel sebagai labolatorium umat. “Kita akan membangun monumen untuk kerukunan umat beragama,” kata Bupati.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Bolsel, Ir. Iwayan Sukiastana mengucapkan terima kasih atas suport Pemda Bolsel pada upacara keagaamaan umat Hindu Dharma, termasuk membangun pura yang saat ini berada di kawasan perkantoran Bupati. “Sesuai kesepakatan kami, umat memberikan nama Pure ini Armerta Segara, yang artinya air kehidupan yang abadi datang dari laut. Kami umat Hindu Dharma mengucapkan berterima kasih kepada pak Bupati,” ucap Iwayan.

Dikatakannya lagi, Program Ibadah Subuh Bersama (PISB) yang dicanangkan Bupati, sangat membantu umatnya. “Kami hanya 93 jamaah, tapi kami merasa aman dan damai selama berada di Bolsel,” akunya. Sementara itu, Ketua Paresada Hindu Dharma Bolmong Ikomang Arya Prawira Jaya, M.PD saat memberikan sambutan, juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bolsel atas fasilitas keagamaan yang disiapkan Pemda Bolsel.

“Jujur kami berada di Bolmong kurang lebih 50-an tahun, tapi tidak pernah ada pembangunan Pura dari Pemda. Tapi di Bolsel, kami bersyukur justru sebagai daerah baru, tapi sudah mampu membangun tempat ibadah untuk umat Hindu. Terima kasih pak Bupati, kami akan selalu mengingat kebaikan bapak dengan selalu mendoakan bapak sehat,” ungkap Ketua Paresada Hindu Dharma Bolmong. (Advetorial)

Komentar