Porprov XI Sulut 2022 di Bolmong Resmi Dibuka

BOGANINEWS, BOLMONG – Gubernur Olly Dondokambey secara resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Utara (Porprov Sulut) ke XI yang digelar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi dibuka pada Senin (14/11/2022).

Untuk diketahui, Opening Ceremony Porprov Ke-XI Sulut tersebut dipusatkan di lapangan upacara Kantor Bupati Bolmong, Kecamatan Lolak.

Pembukaan dimulai dengan meriah dan spektakuler dengan di diwarnai beberapa gabungan tarian adat Bolaang Mongondow atau tari (Motomu) serta parade marching band salah satu SMA Kota Tomohon dan Defile kontingen dari 15 daerah se-Sulut.

Dalam sambutannya Bupati Bolmong Limi Mokodompit yang juga selaku Ketua KONI Bolmong mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven O. E Kandouw yang juga ketua KONI Sulut, kepala- kepala daerah, jajaran pengurus Koni serta kontingen 15 daerah dengan bahasa adat “nion don dega”.

“Terima kasih telah mempercayakan ajang Porprov Sulut ke Kabupaten Bolmong,” ucap Limi.

Dikatakan Limi, tujuan diselenggarakannya ajang olahraga akbar di Kabupaten Bolaang Mongondow ini tak lain merupakan ajang untuk seleksi maupun penjaringan atlet potensial.

“Ini merupakan ajang penjaringan atlet potensial se Provinsi Sulut agar dapat berprestasi dan menjadi atlet profesional pada ajang yang lebih tinggi lagi,” kata Limi.

Sementara itu ketua Koni Provinsi Sulut, Steven Kandouw mengatakan, tugas dan tanggung jawab kita memperbaiki perolehan medali di Pon berikutnya.

“Untuk itu kita laksanakan Porprov ini agar bisa mendongkrak perolehan medali di PON berikut.

Steven juga mengapresiasi Pemkab Bolmong sebagai tuan rumah karena penyambutan Porprov Sulut 2022 sangat meriah dan spektakuler.

“Terima kasih kepada kepala daerah karena telah menunjukan semangatnya untuk turut mensukseskan ajang ini, ini merupakan terbesar dari gelaran Porprov sebelumnya. Semoga Porprov ke-XI Sulut tahun 2022, bisa menghasilkan atlet-atlet terbaik,” ucapnya.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Porprov Sulut 2022 ini untuk mendulang atlet terbaik daerah untuk pelaksanaan PON kedepan.

“Target kita dalam PON kedepan adalah medali emas, untuk itu Porprov Sulut 2022 ini adalah batu loncatan untuk mencari atlet-atlet berbakat di daerah-daerah dan bisa memperbanyak pundi-pundi emas Sulut di PON,” ucapnya.

Pembukaan dilanjutkan dengan penyalaan obor api Porprov Kalsel sebagai tanda mulai dihelatnya ajang olahraga akbar Provinsi Sulut, dan lebih di meriahkan dengan perayaan kembang api di penghujung acaranya.

Sekadar informasi, pada helatan Porprov Sulut 2022 kali ini, sebanyak 32 Cabang Olahraga dipertandingkan, dan para atlet dari 15 Kabupaten dan Kota bakal memperebutkan 356 keping emas, kemudian, Perak 356 keping dan perunggu 900 keping. (Advertorial)

Komentar