2 Tahun Menjabat Kepala Desa Toraut Utara, Ini Sepak Terjang Syahmin Mokoagow yang Mampu Sejahterakan Warganya

BOGANINEWS, BOLMONG – Semenjak menjabat sebagai Kepala Desa Toraut Utara, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), kesejahteraan masyarakat serta infrastruktur di desa ini terus meningkat.

Hal ini tak lepas dari tangan dingin Sangadi (Kepala Desa) Syahmin Mokoagow selaku pemegang pimpinan tertinggi di Desa Toraut Utara.

Syahmin mengaku, salah satu pendongkrak kesejahteraan masyarakat khususnya petani dan pembangunan infrastruktur yang luar biasa ini tak lepas dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Desa Toraut Utara rata-rata masyarakatnya adalah petani, nah sesuai kebutuhan ini saya melihat ada potensi untuk bisa mensejahterakan petani lewat Bumdes ini,” ujar Syahmin, Kamis 18 April 2024.

Lanjut Syahmin, selain kesejahteraan masyarakat potensi pembangunan infrastruktur juga sangat terbantukan dengan Bumdes ini.

“Untuk infrastruktur kami keuntungan Bumdes ini bisa mendongkrak untuk pembangunan kantor desa dan juga tribun di lapangan olahraga,” jelasnya.

Tribun lapangan olahraga Desa Toraut Utara

Syahmin menjelaskan pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan petani ini bermula pada tahun 2022 dengan modal awal Rp100 juta.

Ide Sangadi membagikan dana stimulan kepada petani yang terampil dalam mengelola anggaran Bumdes membuka lembaran baru.

“Hasilnya, laba Rp41,500,000 tercatat di buku tahun 2022, 2023 membawa lebih banyak dengan laba melonjak menjadi Rp121 juta, dan di awal tahun 2024 ini laba sudah berada di angka Rp25 juta,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, kemandirian Pemdes Toraut Utara melalui tangan dingin Syahmin Mokoagow Bumdes juga mendongkrak pemberdayaan komunitas.

Syahmin mengatakan bahwa dana hasil keuntungan digunakan Bumdes ini juga digunakan untuk memberi penghargaan yang layak (gaji) bagi para pengurus Bumdes yang tak kenal lelah dan anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang memberi sumbangsih berarti dalam pembangunan desa dan Lembaga Adat setempat.

“Selain pembangunan infrastruktur, kami juga memberikan penghargaan kepada LPM dan ketua lembaga adat dengan pengurus Bumdes dengan gaji tambahan yang cukup,” terangnya.

Tak sampai disitu, Syahmin yang juga berlatar belakang sebagai pengusaha ternyata juga memberikan perhatian khusus terhadap masyarakat yang tergolong kurang mampu. Dirinya rela merogoh kocek dengan membantu memberikan 33 bidang tanah kepada 33 kepala keluarga dengan anggaran 15 juta per bidang tanah.

“Saya gunakan uang pribadi untuk untuk 33 bidang tanah yang saya serahkan serta lampu untuk penerangan sebanyak 10 unit di seputaran lapangan olahraga,” ucapnya.

Dirinya berharap, semoga dengan hal positif ini pembangunan serta kesejahteraan masyarakat bisa berjalan dengan baik dan terus meningkat.

“Saya hanya berharap, disaat akhir jabatan saya nanti Desa Toraut Utara bisa bersaing dengan desa-desa maju lainnya yang ada di Bolmong dan SDM yang bisa diandalkan kedepan,” tandasnya.

Komentar