Tinjau Lokasi Banjir, Yasti Temui Warga Terdampak

BOGANINEWS, BOLMONG Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow, Kamis (23/9/2021) meninjau langsung lokasi yang terdampak banjir bandang di beberapa desa di Kabupaten Bolmong.

Dari pantauan media ini, lokasi banjir di sejumlah titik mulai dibersihkan. Seperti di Batu Merah yang merupakan lokasi paling parah terdampak banjir di Kecamatan Sangtongbolang.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, Syahril Mokoagow, yang turut mendampingi Bupati menjelaskan, kedatangan Bupati untuk meninjau langsung masyarakatnya yang terdampak banjir.

Dikatakannya, sebagai salah satu keprihatian Pemerintah Daerah ketika terjadinya bencana, selaku Forkopimda berusaha mengantisipasi penyelesaian-penyelesaian tahapan pemulihan yang harus dilakukan oleh Pemda melalui instansi terkait dalam hal ini BPBD.

“Sehingga itu Bupati meninjau langsung kondisi masyarakatnya. Dimana, dalam waktu kejadian yang tidak terlalu lama Bupati langung mendatangi lokasi bencana,” ungkapnya.

Syahril pun menyebutkan beberapa wilayah yang tergenang banjir seperti di Desa Sauk dan Buntalo Kecamatan Lolak. Sementara Kecamatan Sangtongbolang yang terdampak yakni Desa Cempaka, Bolangat dan paling parah di Batu Merah.

Di Batu Merah sendiri bisa dibilang arusnya cukup deras, karena beberapa rumah rusak berat termasuk rumah ibadah bahkan satu rumah hanyut. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Untuk itu kata Syahril, Bupati berpesan agar terus meningkatkan kewaspadaan mengingat kondisi cuaca yang masih ekstrim, sehingga masyarakat dianjurkan untuk meningkatkan kewaspadaan terutama yang tinggal di perbukitan, lereng-lereng gunung maupun bantaran sungai.

“Pemda juga melalui Ibu Bupati langsung, telah menyerahkan bantuan uang untuk perbaikan rumah ibadah yang rusak parah akibat diterjang banjir,” jelasnya.

Tak hanya itu, Bupati juga langung memerintahkan untuk menangani pendanaan dan akan segera mengeluarkan SK darurat dan posko bencana sebagai dasar penggunaan dana.

“Kita ketahui bersama, untuk soal bencana kepedulian Bupati sangat besar untuk rakyatnya. Tak hanya itu, Sekda yang juga selaku Kaban BPBD Ex Oficio terus mendorong pemulihan-pemulihan pasca banjir,” terang Syahril. (Advetorial)

Komentar