Di Peringatan HUT Provinsi Sulawesi Utara ke-57, Pemkab Bolmong Dapat Penghargaan

BOGANINEWS, BOLMONG – Di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang ke-57, Pemkab Bolmong mendapat penghargaan spesial.

Penghargaan spesial itu, dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Penghargaan spesial tersebut, terkait penurunan stunting di Bolmong yang diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Bolmong Yanny Ronny Tuuk.

Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow, Yanny Ronny Tuuk, mengungkapkan, keberhasilan penurunan stunting di Bolmong, berkat kerja keras semua pihak.

“Ini buah dari kerja keras Bupati Bolmong serta jajaran SKPD terkait,” kata Wabup Yanny, Kamis (23/09/2021).

Menurut Wabup Yanny, penghargaan ini wajar diperoleh Pemkab, sebab Bolmong dua tahun terakhir ini mampu menurunkan angka stunting.

Padahal sebelumnya Bolmong adalah salah satu kabupaten dengan status stunting tertinggi di Sulut.

“Ini merupakan trobosan pemerintah daerah, dalam hal ini Ibu Bupati yang berkomitmen menurunkan angka stunting di awal pemerintahan,”kata Wabup.

Lebih lanjut Yanny menuturkan, karena tingginya stunting di Bolmong maka Bupati mengambil langkah yang tegas, sehingga stunting dapat diturunkan.

Namun demikian, ia mengimbau agar SKPD tidak lengah. SKPD harus terus bekerja agar stunting lebih dapat diminimalisir.

“Kalau boleh tidak ada kasus lagi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bolmong, Taufik Mokoginta.

Menurut dia ini semua berkat kerja keras Bupati dan seluruh SKPD terkait. Termasuk Kepala Puskesmas dan tenaga medis yang telah berupaya menurunkan kasus stunting.

Menurut Taufik, sejak dua tahun terakhir angka kasus stunting turun sebesar 50 persen, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya hanya 25 persen. Untuk lebih menurunkan kasus stunting, ada beberapa aksi yang akan dilakukan tahun depan.

Sementara itu, di HUT Provinsi Sulut ini, Wakil Bupati berharap Kabupaten Bolaang Mongondow akan menjadi Kabupaten yang lebih maju dan terdepan dari daerah lain di Provinsi Sulut. (**)

Komentar