DPRD Bolsel Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Hasil Reses

BOGANINEWS, BOLSEL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Rabu (11/03/2020) menggelar rapat paripurna penyampaian laporan hasil Reses masa sidang satu tahun 2020.
Rapat paripurna dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Bolsel, Arifin Olii, didampingi Wakil Ketua II Hartina S. Badu, bertempat di ruang paripurna DPRD Bolsel.
Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii menyampaikan, tujuan rapat paripurna yakni untuk merangkum semua hasil aspirasi dari masyarakat yang ada di tiga wilayah Daerah Pemilihan (Dapil).
Keseluruhan aspirasi yang disampaikan masyarakat akan dijadikan pokok-pokok pikiran dalam pembahasan program pembangunan di tahun 2021 nanti, kepada Pemerintah Daerah. “Dengan adanya kegiatan ini, peran DPRD sebagai fungsi pengawasan sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai penyambung aspirasi dan juga kapasitasnya sebagai wakil rakyat,” kata Ketua DPRD Bolsel.
Sementara itu, Bupati Bolsel yang diwakili Asisten II Mohamad Suja Alamri, menyampaikan, penggalian pokok-pokok pikiran merupakan salah satu perwujudan atas kewajiban DPRD sebagai representasi rakyat.

“Selain itu, akan menjembatani aspirasi atau keinginan masyarakat terhadap keselarasan pembangunan antara masyarakat dan pemerintah daerah, sebagaimana amanah Pasal 161 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah untuk melakukan kunjungan berkala dalam rangka menyerap aspirasi rakyat,” jelasnya.
Ia juga mengimbau kepada seluruh pimpinan OPD dilingkup Pemda Bolsel, agar dapat mengakomodir Pokok-pokok pikiran dalam Musrenbang tingkat kabupaten.

“Laporan ini harus menjadi referensi pada penyusun draft awal RKPD Kabupaten Bolsel, sehingga akan tersusunnya APBD Bolsel yang lebih proporsional, akuntabilitas, bertanggung jawab dan tepat sasaran,” terang Alamri.
Berkaitan dengan hal tersebut, tiga perwakilan anggota DPRD membacakan laporan hasil penjaringan aspirasi di tiap Dapil yang dimulai dari Dapil I diwakili oleh Ketua Komisi III, Abdul Razak Bunsal, Dapil II oleh Zulkarnain Kamaru dan Dapil III diwakili oleh Supatia Kobandaha.
Diketahui, paripurna tersebut, turut dihadiri sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Bolsel. (Advetorial)

Komentar