Bupati Bolsel Gelar Rapat Pengawasan di Lingkungan Pemda Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, Jumat (19/10) membuka rapat gelar pengawasan daerah yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, pengawasan sangat penting diterapkan disemua tingkatan pemerintahan. Salah satunya mulai dari desa. Mengingat Undang-Undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara ketentuan pasal 20 yang menyebutkan, pejabat wajib menindaklanjuti rekomendasi dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI dalam jangka waktu 60 hari.

“Gelar pengawasanini menjadi momen bagi kita semua, terutama para kepala desa harus membangun komitmen guna bekerja lebih baik dan profesional. Dengan gelar pengawasan kami mengharapkan terwujudnya good governance dan clean government,” jelas Bupati.

Ditegaskannya, dalam pengelolaan keuangan di Desa, para Kepala Desa taat asas dan sesuai dengan peruntukannya. Ia juga meminta, agar para kepala desa jangan takut untuk berinovasi dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, baik Inspektorat maupun Kejaksaan apabila ada keraguan dalam pengambilan keputusan agar terhindar dari penyimpangan yang merugikan pribadi maupun negara. “Apalagi di Bolsel sudah melakulan MOU dengan pihak Kejaksaan. Hal ini harus manfaatkan,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Dasplin  saat memberikan materi memaparkan seputar kinerja pemerintah daerah terkait upaya pencapaian opini WTP, pencegahan korupsi. Menurutnya, gelar pengawasan daerah ini untuk mengawal Bolsel menjadi daerah yang baik dan bersih. “Kejaksaan akan menjadi garda terdepan dalam mengawal tata pemerintahan yang baik di daerah dan salah satunya adalah Bolsel,” ucapnya.

Terkait rapat pengawasan tersebut, Kepala Inspektorat Bolsel, Peky Bangki menjelaskan, maksud gelar pengawasan ini untuk memaparkan hasil pengawasan aparat fungsional. Selain itu, gelar pengawasan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan hasil pengawasan. “Harapannya seluruh pihak terkait, menyadari pentingnya fungsi pengawasan guna terwujudnya good governance dan clean government di Kabupaten Bolsel,” terang Peki.

Diketahui, rapat yang dihadiri 81 kepala desa se Bolsel ini, mendapat materi dari Bupati Bolsel Iskandar Kamaru dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kotamobagu Dasplin SH, MH. (Holan)

Komentar