Petani Bisa Meminjam Alsitan di Pemkot

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pertanian Kotamobagu,  siap meminjamkan Alat Mesin pertanian (Alsitan) milik pemerintah bagi para petani yang ada di Kotamobagu.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Muljadi Suratinojo, bahwa proses peminjaman Alsintan tersebut sangat mudah. Para petani hanya mengajukan peminjaman melalui sangadi dan lurah atau langsung Dinas Pertanian. “Yang bisa pinjam hanya petani. Kita selektif sebelum meminjamkannya,” kata Suratinojo.

Menurutnya, Pemkot hanya meminjamkan, tapi untuk bahan bakar maupun operator alat menjadi tanggungan petani. “Tujuan dari peminjaman alat-alat ini adalah untuk memudahkan petani dalam menggarap lahan pertaniannya,” ucapnya.

Sementaqra Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Ramjan Mokoginta mengatakan, pinjam pakai alsintan itu akan digilir ke setiap petani. Hal itu dilakukan agar semua petani yang membutuhkan alat-alat tersebut bisa mendapat kesempatan menggunakannya. “Nantinya kita akan data lebih dulu siapa yang akan menggunakannya terlebih dahulu. Setelah itu digilir ke petani yang lain,” katanya

Ia berharap, alsintan yang dipinjampakaikan itu dapat digunakan sebagaimana mestinya. “Kita harap petani yang meminjamnya dapat menjaga dan merawatnya selayaknya milik pribadi. Alat ini harus kita jaga bersama,” harapnya. (Tr01/Ino)

Komentar