Tahun 2018 Jumlah Pencari Kerja Bakal Meningkat

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Kota Kotamobagu, sebanyak 293 orang sudah mengurus kartu pencari kerja atau kartu kuning (AK1). Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Kepala Dispernaker, Hidayat Mokoginta melalui Kepala Bidang Tenaga Kerja, Idris Amparodo mengatakan, AK1 yang merupakan salah satu persyaratan berkas dalam mendapatkan pekerjaan ini, sampai dengan bulan april sudah sebanyak 293 orang yang mengurus kartu kuning. “Jumlah tersebut bakal mengalami kenaikan, karena sepanjang tahun 2017 lalu,  tercatat AK1 yang dikelurakan sebanyak 317,” kata Amparodo, Senin (30/4).
Menurut Idris, meningkatnya jumlah para pengurus kartu pencari kerja ini, karena mulai banyaknya perusahaan yang mebuka lowongan kerja di kotamobagu maupun daerah lai.
 “Kami juga telah bekerja sama dengan beberapa perusahan seperti Indomaret, Alfamaret, hingga pihak PT. Conch Bolmong serta perusahaan lainnya, sebagai upaya  dalam menekan angka pengangguran di Kotamobagu. Selain itu, yang sudah diteima  dipe perusahaan wajib melapor agara Disnaker bisa mengetahui jumlah para pencari kerja yang telah tersalur, katanya (Ino)

Komentar