KWT Maju Terus Desa Bai Manfaatkan Pekarangan dan Lahan Tidur

BOGANINEWS, BOLTIM – Kelompok Wanita Tani (KWT-Maju Terus) Desa Bai Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), manfaatkan pekarangan dan lahan tidur untuk berkebun dan bercocok tanam seperti menanam Bawang, Rica, Tomat (Barito), Kacang dan Jagung.
Pemanfaatan perkarangan ini bertujuan untuk meningkatkan gizi dan pendapatan keluarga. KWT maju terus yang beranggotakan 30 orang ini diketuai oleh Erni Damopolii.
“Tujuanya kami, meski bekerja sebagai ibu rumah tangga, tetapi bisa membantu meringankan beban suami. Selain itu, juga bisa mengajak ibu-ibu agar mempunyai kegiatan dan keterampilan. Kegiatan ini juga menjadi hiburan kami, karena bisa bercanda tawa dan menghilangakan stres,” tutur Erni, Kamis (9/1/2020).
Ia juga berharap, kegiatan mereka ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya. “Kami ingin ibu-ibu di desa lain bisa ikut seperti kami yang ada di Desa Bai. Jangan hanya diam di rumah dan tidak ada inovasi. Saat ini sudah ada kelompok desa tetangga yang ingin membuat kegiatan seperti kami, tapi tidak ada yng mengajak mereka. Dengan usaha ini, kami bisa menghasilkan uang walaupun pendapatanya baru sedikit, tapi sudah cukup membantu keluaga kami,” terangnya.
Lanjutnya, Pemerintah Boltim juga sangat mendukung kegiatan ini. “Bahkan saya meminta bantuan berupa bibit bawang dan Kacang. Alhamdulillah Pemkab Boltim sangat respon dengan apa yang kami minta dan bantuan tersebut sudah kami terima. Saat ini kami sudah membuka lahan untuk penanaman bawang merah, kacang dan jagung,” jelasnya. (Agung)

Komentar