Bupati Bolsel Jadi Khatib Idul Adha di Lapangan Tikala Manado

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Herson Moyulu SIP, didaulat menjadi Khatib atau penceramah pada pelaksanaan Salat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Sparta Tikala, Manado, Jumat (1/9).

Diketahui, sepanjang sejarah di Tanah Totabuan, Hi. Herson Mayulu adalah satu-satunya kepala daerah se Bolmong Raya yang mendapat kesempatan dari PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Propinsi Sulut. Suasana pelaksanaan Salat Idul Adha

Perayaan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1438 Hijriah atau jatuh pada 1 September 2017 di Manado ibu kota Propinsi Sulut, berlangsung khidmat dan khusuk. Ribuan jemaah Salat Ied sudah berkumpul sejak pukul 06.30 WITA di lapangan Tikala tepat depan kantor Walikota Manado.

Setelah melaksanakan salat sunnah dua rakaat berjamaah yang dipimpin Hi Suparman Sulia Asg sebagai imam, Hi. Herson Mayulu yang mengenakan jubah putihnya berbalut sorban merah dipundaknya kemudian menaiki mimbar ceramah.

Dalam khotbahnya yang berjudul ‘Semangat Kurban Membina Solidaritas Sosial’, Herson Mayulu mengingatkan pentingnya berkurban dalam menanamkan rasa belas kasih dan solidaritas yang dalam kepada mereka yang hidup serba kekurangan.

“Berkurban juga memperlihatkan ketaqwaan dan keikhlasan dalam menyatakan kesanggupan berkurban sebagai perwujudan dari rasa kepasraan yang sangat mendalam kepada Allah SWT, yang telah memberikan berbagai rezeki kepada kita,” jelas Bupati Bolsel saat di atas mimbar.

Diakhir ceramahnya, Bupati Bolsel juga menekankan mengenai krisis tanggung jawab dalam mengaplikasikan makna pengorbanan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam aspek tanggungjawab, dia mengkategorikannya menjadi tiga macam, yakni tanggung jawab intelektual, tanggung jawab moral dan ketiga adalah tanggung jawab sosial. “Tanggung jawab hanya sering terucap, tetapi nyaris sulit untuk diwujudnyatakan dalam berkehidupan,” ucap Bupatu.

Usai ceramah, para jemaah muslim Manado nampak antusias meminta kepada Bupati Bolsel untuk mengabadikan moment tersebut dengan foto bersama. Satu persatu jemaah diterimanya dengan baik dan penuh kehangatan. Keceriaan mewarnai tiap sesi foto bersama sebelum akhirnya Hi. Herson Mayulu meninggalkan lapangan Tikala bersama Wakil Gubernur dan rombongan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, juga sempat hadir dalam pelaksanaan perayaan Idul Adha setelah jemaah melaksanakan salat. Dalam kesempatan itu, Steven Kandouw mengucapkan selamat kepada umat muslim merayakan Idul Adha. “Semoga akan melahirkan Ibrahim-ibrahim yang baru dalam memberikan kehidupan manusia yang jauh lebih baik,” ucap Wagub. Pada kesempatan itu juga, Wagub memberikan satu ekor sapi kepada panitia PHBI Sulut untuk dikurbankan. (Holan)

Komentar