Bupati Bolsel Hadiri Upacara Pemelaspasan Pure Amerta Segara

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, Minggu (22/12/2019) menghadiri Upacara Pemelaspasan Pure Amerta Segara Kabupaten Bolsel yang terletak di perkantoran Bupati Panango Kecamatan Bolaang Uki.
Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, dua tahun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel membangun sarana ibadah baik Masjid, Gereja termasuk Pura yang diberi nama ‘Pura Amerta Segara’ dengan harapan dapat memelihara dan menjaga kerukunan hidup beragama yang kian rekat, terutama meningkatkan kwalitas keimanan masyarakat.
“Bolsel memiliki Visi Kabupaten Religius, Berbudaya, Bermartabat, Maju dan Sejahtera bertujuan menjadikan Kabupaten Bolsel sebagai labolatorium kerukunan umat beragama di Provinsi Sulawesi Utara secara khusus, dan Indonesia secara umum, dengan mengedepankan toleransi dalam tatanan bermasyarakatnya,” jelas Bupati.
Lanjutnya, dengan visi Religius Pemkab Bolsel ingin mewujudkan segala tata kehidupan dan regulasi pembangunan diarahkan bagi kesejahteraan masyarakat dengan niat ibadah mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada lingkungan.
“Ukuran Kabupaten Bolsel yang religius dapat diukur dari setiap elemen masyarakat Bolsel dalam menjalankan aktifitas kehidupannya berlandaskan kepada keimanan yang kuat, menjalankan keyakinannya sesuai agamanya masing-masing dan memiliki ahlak yang terpuji sebagai manusia yang menjaga hubungan baik sesama manusia maupun terhada Tuhan Yang Maha Esa,” terangnya.
Dikatakannya lagi, meski di lihat kwantitas umat Hindu di Bolsel dapat dikatakan sangat sedikit, namun pemerintah daerah berdiri di tengah- tengah semua agama dan berkeyakinan sekecil apapun itu sumbangsi dan pengabdian masyarakat Hindu di Bolsel sangat berpengaruh terhadap kemajuan di daerah.
Menurut Bupati, pekan lalu Pemerintah Bolsel di percaya kembali sebagai kabupaten peduli hak asasi manusia (HAM). “Ini mempertegas Kabupaten yang kita cintai ini sangatlah toleran dan menjunjung hak asasi manusia dan terbuka bagi berbagai macam suku, ras dan agama. Terbukti salah satunya sarana ibadah di kompleks perkantoran ini. Pura Amerta Segara ini juga merupakan bukti komitmen pemerintah daerah dalam menjaga mendukung dan melindungi hak beribah umat hindu di Bolsel,” paparnya.
Turut hadir pada acara Pemelaspasan Pura Amertha Anggota DPR/MPR RI Hi. Herson Mayulu, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid dan Sekda Marzanzius Arvan Ohy, Forkompimda Bolsel, umat Hindu se BMR, dan para pimpinan umat. (Holan)

Komentar