Bupati Bolsel Hadiri Pelantikan Pengurus Dekranasda Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati  Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, bersama Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, Senin (21/10/2019) menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Pelantikan dilaksankan di Kantor Bappelitbangda, Panango, Desa Tabilaa, Kecamtan Bolaang Uki dan dipimpin oleh Ketua Dekranasda Bolsel Selpian Kamaru-Manoppo. Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Bolsel Selpian Kamaru-Manopo menyampaikan, dengan dikukuhkannya pengurus Dekranasda Periode 2019 – 2021, maka diharapkan pemerintah, pelaku usaha kerajinan dan pihak swasta dapat berkolaborasi dengan optimal untuk membangun dan mengembangkan potensi kerajinan di Kabupaten Bolsel.

“Terbentuknya Dekranasda di Kabupaten Bolsel merupakan salah satu bentuk jawaban dalam rangka mendukung potens industri kecil dan menengah di sektor kerajinan. Salah satu kunci keberhasilan yang sangat penting yaitu adanya keterpaduan dan harmonisasi antara pemerintah, pelaku ekonomi, serta masyarakat yang terus dibangun potensi kerajinannya,” jelas Selpian.

Lanjutnya, ketiga pilar tersebut merupakan satu kekuatan besar yang diharapkan mampu menggali potensi–potensi sumber daya yang ada di Bolsel secara optimal.

“Sehingga itu perlu dukungan kerjasama antar pelaku industri dan sektor swasta untuk menumbuhkan wirausaha baru dan meningkatkan kualitas sumber daya kerajinan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Dekranasda adalah wadah pengurus untuk memfasilitasi inovasi dan kerajinan anak daerah. “Untuk itu saya berharap, kehadiran Dekranasda Bolsel mampu mensuport para pengrajin di Kabupaten Bolsel,” katanya.

Lanjutnya, Sulawesi Utara sebagai salah satu destinasi wisata memiliki potensi pasar yang cukup menjanjikam untuk memasarkan hasil kerajinan anak daerah.

“Dengan terbentuknya pengurus Dekranasda Bolsel periode 2019-2021 dapat mengambil peran bersama pemerintah daerah untuk mendorong tumbuhnya usaha kerajinan yang ada di Bolsel, sehingga bisa diperkenalkan kepada wisatawan yang datang berkunjung di Bolsel. Untuk itu saya berharap Dekranasda Bolsel mampu mensuport para pengrajin Daerah,” terangnya.

Turut hadir pada pengukuhan tersebut diantaranya asisten II, staf Ahli, para Kepala SKPD dan jajaran Pengurus Dekranasda Bolsel. (Holan)

Komentar