DPRD Bolsel Gelar KUA-PPASP Tahun 2020 dan Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA-PPAS 2021

BOGANINEWS, BOLSEL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar sidang Paripurna dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) dan Prioritas Plapon Anggaran Sementara Perubahan (KUA-PPASP) Tahun Anggaran 2020 dan Sidang Paripurna dalam rangka Tahap II Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021, Senin (14/9/2020).

Rapat paripurna yang dilaksanakan di gedung DPRD Bolsel ini, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Ir. Arifin Olii, didampingi Wakil Ketua I Salman M. Mokoagow, Wakil Ketua II Drs. Hartati Badu serta dihadiri 13 anggota DPRD, dihadiri langsung Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, SPt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy S.STP, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD lingkup Pemkab Bolsel, ASN serta Camat dan Kepala Desa.

Paripurna ini di awali dengan pembacaan surat masuk dari pemerintah daerah oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Peki Bangki, S.Pd, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pandangan umum dari 3 fraksi diantaranya Fraksi Trisaksi, Fraksi Gerakan Golkar dan Fraksi Restorasi Persatuan dan Kebangkitan, yang secara keseluruhan menerima dan menyepakati kebijakan anggaran (KUA) tahun anggaran 2021 serta rancangan prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) APBD tahun anggaran 2021.

Pada kesempatan itu, Bupati dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan Permendagri Nomor 64 Tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD 2021, dimana setelah ini akan disusun RKA SKPD dan RKA PPKD dan RANPERDA tentang APBD karena target kita pada minggu ketiga bulan September akan di ajukan ke DPRD untuk dijadwalkan sidang paripurna.

Sehubungan dengan kebijakan pemerintah pusat bahwa penyusunan APBD Tahun  2021 memperhatikan juga Permendagri Nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodesifikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan daerah serta Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintah daerah.

“Maka bagi kita semua diingatkan untuk selalu siap dengan segala perubahan baik sistem perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pertanggungjawaban, pelaporan maupun penatausahaan,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Bolsel. “Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Bolsel yang telah memberikan  dukungan dan kerja sama yang baik bersama sama pemerintah kabupaten Bolsel dalam melaksanakan berbagai macam program kegiatan pembangunan di Bolsel,” ucap Bupati. (Advetorial)

Komentar