Hadiri Bimtek Penguatan Kapasitas dan Pengukuhan Bunda PAUD, Ini Harapan Bupati Bolsel 

BOGANINEWS, BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, S.Pt., M.Si bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid  Rabu, (14/12/2022) menghadiri Bimbingan teknik (Bimtek) Penguatan Kapasitas dan pengukuhan Bunda pendidikan anak usia dini (PAUD) Kecamatan dan Desa se-kabupaten Bolsel di Hotel Aston Manado.

Bupati dan Wabup Bolsel juga didampingi ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bolsel Selpian Kamaru-Manoppo dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola.

Pada kegiatan tersebut  Ketua TP-PKK Bolsel sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Bolsel Selpian Kamaru Manoppo mengukuhkan secara langsung Bunda PAUD Kecamatan dan Desa Se-Kabupaten Bolsel.

Bunda  PAUD mengharapkan sinergitas dari semua Bunda PAUD, dan saling koordinasi sehingga layanan PAUD berkualitas bisa terpenuhi, dan pada tahun 2024 target semua lembaga terakreditas B.

“Saat ini animo masyarakat untuk mendirikan pendidikan anak usia dini semakin tinggi, dan semua tidak terlepas dari peran dan dukungan Bapak/Ibu Pimpinan OPD dan organisasi mitra Forum PAUD, pemangku kepentingan lainnya di tingkat Kabupaten,” Katanya.

Dikatakannya, kolaborasi atau kerja sama dengan Bunda PAUD tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa, OPD, Organisasi Mitra, Dinas Pendidikan Kabupaten atau lembaga pendidikan sangatlah dibutuhkan dalam rangka memenuhi unsur kinerja layanan PAUD Holistik Integratif.

Sementara itu, Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru menyampaikan Tugas kita yang paling utama adalah memastikan bahwa anak-anak kita sudah terlayani oleh lembaga di wilayah kita masing-masing.

Bupati mengatakan Bunda PAUD juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan setiap anak yang lahir memiliki identitas berupa akta kelahiran, agar mereka dapat menjadi warga negara Indonesia yang terlindungi hak-haknya sejak dini.

“Selain itu, bunda PAUD juga harus mendorong agar para orangtua ikut aktif berpartisipasi dengan pola pengasuhan di rumah, mengingat besarnya tantangan yang dihadapi, pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak,” Tuturnya.

Ia juga menjelaskan salah satu yang sangat strategis adalah dukungan dan peran Bunda PAUD, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat desa/kelurahan, sebagai motor Gerakan Nasional PAUD Berkualitas. Bunda PAUD adalah Bunda-bunda penggerak Pendidikan Anak Usia Dini, yang bersentuhan langsung dengan kelompok-kelompok Pendidikan Anak Usia Dini.

“Saya berharap kepada Bunda PAUD yang telah dikukuhkan harus memiliki target selama masa baktinya wajib sudah memiiki 1 TK dan 1 KB pada setiap desa serta memiliki 1 TK Negeri di setiap Kecamatan,” Pintanya.

Diketahui, Turut hadir Sekretaris Daerah Bolsel Marzanzius A. Ohy, Pimpinan OPD, Para camat dan sangadi dan para peserta Bimtek yaitu Bunda PAUD Kecamatan dan Desa.

 

Reporter: Holan Botutihe

 

 

Komentar