Kecamatan Nuangan Gelar Musrembang Guna Penyusunan RKPD Tahun 2021

BOGANINEWS, BOLTIM – Untuk menampung seluruh usulan tingkat desa dalam kegiatan Musrembangdes, maka Pemerintah Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolmong Timur (Boltim), Rabu (26/02/2020) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020, dalam rangka penyusunana Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Kegiatan yang dipusatkan di kantor Kecamatan ini, dihadiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diantaramya Dinas Soisal (Dinsos), Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Juga dihadiri Kapolsek Nuangan Iptu. Agus Sumandik, seluruh jajaran Pemerintah Kecamatan, seluruh Sangadi (Kepala Desa) dan BPD, serta tokoh masyarakat.

Dalam pembahasan Musrenbang tersebut, Camat Sinyo Mamonto melalui Sekertaris Kecamatan, Haslinda Kadengkang mengatakan, semua usulan yang disampaikan sementara dirampungkan untuk dibawah pada Musrenbang tingkat Kabupaten nanti.

“Kita melaksanakan Musrenbang untuk tahun anggaran 2021. Semua usulan kami tampung dulu, baik itu skala prioritas atau pun masih dipertimbangkan. Nanti kita menyesuikan dengan hasil Musrenbang di tingkat Kabupaten,” jelasnya.

Menurut Haslinda, dari Musrenbang itu selain Sangadi bersama BPD yang hadir, ada juga tiga delegasi setiap desa dari unsur masyarakat yang diminta untuk mengawal usulan. “Nantinya apa yang diusulkan pada Musrenbang Kecamatan ini, kita arahkan kepada delegasi untuk membahas kembali usulan skala priorita bersama Sangadi dan BPD. Intinya, program yang masuk atau tidak sebagai prioritas soft kopinya tetap kami bawah ke Musrenbang Kabupaten,” terangnya.

Ditambahkan, hasil dari Musrenbang ini, akan menyesuaikan dengan OPD terkait, serta kemampuan anggaran di daerah dan dukungan proposal dari masing – masing desa. “Untuk tindak lanjutnya kami dari Kecamatan hanya sebatas mengawal. Namun, untuk terealisasinya kegiatan kita menyesuaikan dengan anggaran dari Pemda. Yang jelas usulan yang menjadi skala prioritas harus di dukug dengan proposal,” tambahnya. (Agung)

Komentar