Dinkes Boltim Kerahkan Tenaga Medis Bagi Penyelengara Pemilu

BOGANINEWS, BOLTIM – Guna mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan mengerahkan bantuan petugas medis di seluruh kecamatan untuk pelayanan kesehatan terhadap penyelengara Pemilu.

Menurut Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi, pihaknya sudah bicara dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jamal Rahman Iroth, dimana seluruh Puskesmas akan menempatkan petugasnya di lokasi perhitungan suara.

“Demi mensukseskan Pemilu serentak tahun 2019 di Boltim, kami akan melakukan pelayanan kesehatan bagi petugas penyelengara di setiap lokasi perhitungan suara, setiap kecamatan,” kata Eko, Senin (21/4/2019).

Lanjutnya, para penyelengara Pemilu baik PPK, PPS dan KPPS sudah bekerja maksimal 2X24 jam, bahkan lebih. “Dalam pleno perhitungan suara tingkat kecamatan, bisa saja mereka kecapean sehingga perlu penanganan pihak medis,” jelas Kadis.

Ketua KPUD Boltim, melalui Sekretaris KPU Arfan Palima, mengapresiasi apa yang dilakukan Dinkes untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada penyelengara Pemilu.

“Itu perlu. Karena rapat pleno di tingkat kecamatan bekerja maksimal untuk rekapitulasi perolehan suara peserta Pemilu yang berlangsung beberapa hari. Sehingga para petugas penyelengara pemilu, sangat membutuhkan pelayanan kesehatan di lokasi agar pelaksanaan tahapan Pemilu tetap berjalan lancar dan efektif. Jika ada petugas yang sakit bisa langsung dilayani dengan cepat,” jelas Arvan. (Agung)

Komentar