Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap dan Pertumbuhan Anak, Puskesmas Bilalang Musyawarah dengan Masyarakat

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Bilalang, Rabu (6/3/2019) menggelar musyawarah dengan berbagai elemen masyarakat yang ada di Kelurahan Genggulang, Kecamatan Kotamobagu Utara, yang bertempat di Kantor Kelurahan Genggulang.

Lurah Genggulang saat menandatangani kesepakatan bersama antara Pemerintah Kelurahan Genggulang dengan Puskesmas Bilalang.

Menurut Kepala Puskesmas Bilalang, Sakina Damopolii, tujuan dilaksanakan musyawarah dengan masyarakat ini, untuk membahas tentang masalah – masalah yang didapatkan dari survey mawas diri khusus di Kelurahan Genggulang.

“Jadi masalah yang didapat lewat survey itu, kita angkat lewat musyawarah ini, sekaligus untuk meminta solusi dari para tokoh masyarakat, serta lintas sektor yang ada di Kelurahan Genggulang,” jelas Sakina.

Adapun masalah yang kita angkat disini kata Sakina, pertama persoalan pemantauan tumbuh kembang anak balita itu belum mencapai target bagi kami di Kelurahan Genggulang, kemudian anak – anak yang belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Selain itu, pelaksanaan kegiatan lainnya terkait dengan kasus DBD. Dimana, kasus DBD di Januari dan Februari tahun ini ada empat kasus di Genggulang.

“Nah, permasalahan itu semua yang kita angkat untuk dimusyawarahkan dengan masyarakat disini sembari mencari solusi bersama,” kata Sakina.

Untuk itu kata Sakina, melalui kegiatan musyawarah ini, berbagai persoalan yang terjadi di Kelurahan Genggulang bisa diatasi sepanjang tahun 2019 ini.

“Jadi ada kerjasama antara Puskesmas dengan Pemerintah Kelurahan Genggulang, TP PKK genggulang, serta masyarakat yang ada disini untuk penanggulangan masalah itu,” katanya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Genggulang, Tety Olifia Mokoginta mengatakan, terkait dengan musyawarah hari ini, telah dilakukan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kelurahan Genggulang dengan Puskesmas Bilalang.

“Jadi ada enam komitmen yang akan kita laksanakan bersama. Tentu, sebagai pemerintah berharap seluruh stakeholder dapat menyukseskan kesepakatan tersebut,” harapnya. (Ino)

Komentar