Sehan Tegaskan Sangadi Harus Transparan Mengelola Dana Desa

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, tegaskan agar Sangadi (Kepala Desa) dalam mengelolah Dana Desa (Dandes) harus transparan,

Dikatakannya, para Sangadi di Boltim tidak merahasiakan pengelolaan keuangan desa. “Harusnya Sangadi dan aparat desa lainnya harus lebih transparan kepada masyarakat tentang penggunaan dana desa. Sehingga tidak ada masyarakat yang akan mengkomplain kinerja Sangadi,” jelas Sehan saat kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Motongkad, pekan lalu.

Lanjutnya, baik dan majunya suatu Negara, itu berawalnya dari perkembangan yang ada di desa. “Kepala kepala desa, harus lebih inovatif dan mampu membangun desa, karena anggarannya sampai Milliaran. Itu dikelolah dengan sebaik mungkin dan bentuk Bumdes. Jika ada sisa anggaran, jangan dibagi dengan aparat lainnya, dijadikan SILVA dan dikembalikan ke daerah karena itu adalah uang rakyat yang nantinya akan disalurkan kepada rakyat dan ada pertanggung jawabanya,” pinta sehan.

Dijelaskannya lagi, dalam mengelola anggaran desa, harus dipaparkan, sampaikan pada masyarakat. “Jika perlu tulis di papan pengumuman, berapa yang masuk berapa yang keluar, diblanjakan, apa yang sudah dibangun apa yang di rencanakan. Itu semua harus sesuai mekanismenya dan saya akan pantau semua Sangadi,” kata Sehan. (Agung)

Komentar