Sehan: Anggaran Perayaan Tulude Akan Dimasukan di APBD

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sehan Lanjdar SH mengungkapkan perayaan kegiatan tahunan Tulude akan ditata anggarannya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Saya sempat keliru lupa untuk memasukan angaran diagenda tahunan Adat Talude. Karena Adat Tulude adalah bagian dari budaya,” kata Sehan, saat mengadiri perayaan Tulude di Desa Dodap Pantai, Kecamatan Tutuyan, Jumat (8/2/2019).

Lanjutnya, perayaan Tulude yang diusulkan, nantinya ada dinas yang mengurusnya yaitu Dinas Pariwisata dan kebudayaan. “Nanti ada dinas terkait yang mengurusnya,” ucap Sehan.

Sekadar informasi, perayaan Tulude sering dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat etnis sangihe yang sudah tinggal di Boltim. Tulude atau menulude’ berasal dari kata ‘suhude’ dalam bahasa Sanger berarti tolak. Dalam arti luas Tulude berarti menolak untuk terus bergantung pada masa lalu dan bersiap menyongsong tahun yang ada di depan.

Tulude dilaksanakan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat yang telah diberikan Tuhan selama setahun yang lalu. Tulude atau upacara syukur memasuki tahun baru yang disimbolkan dengan pemotongan kue Tamo dan dirangkaikan dengan atraksi budaya tari gunde, alabadiri, masamper dan ampawayer. Dimana budaya ini berkembang dilingkungan masyarakat Sangihe dan Talaud. (Agung)

Komentar