Pemkab Boltim Standby Pelayanan Kesehatan Korban Banjir di Manado

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) hingga hari ini, masih menyalurkan bantuan untuk warga korban banjir dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah titik di Manado (Sulut).

Selain menyerahkan ribuan bungkus makanan siap saji dan paket sembako serta pakaian bekas layak pakai, Pemkab Boltim juga mengerahkan tenaga Medis serta unit Medical Mobile Center (MMC) yang terdiri empat mobil ambulance dan bus pelayanan pemeriksaan kesehatan, serta dua mobil pendamping untuk obat-obatan gratis yang sangat dibutuhkan warga korban bencana.

“Selain makanan siap saji dan sembako, kami juga melakukan pelayanan kesehatan dengan mengerahkan tenaga medis yang terdiri dari empat orang dokter dan enam perawat di unit MMC atau rumah sakit berjalan,” aku Kepala Dinkes Eko Marsidi pada awak media, Selasa (05/02/2019).

Lanjutnya, pelayanan kesehatan ini adalah bentuk kepedulian serta rasa kemanusiaan pemerintah dan masyarakat Boltim kepada sesama saudara di Manado yang saat ini ditimpa bencana.

“Selesai banjir pasti banyak penyakit yang menonjol. Sampai dengan hari ini, jumlah pasien yang dilayani 472 orang. Adapun titik lokasi pelayanan di Mahawu kampung Cempaka, kampung Tela, lorong Assalam, sedangkan posko Induk ada di mesjid Al munawarrah. Besok lanjut pelayanan di Assalam Bailang dan pasar bobo. Penderita pada umumnya kena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), penyakit kulit gatal-gatal, hipertensi dan diare,” papar Kadis. (Agung)

Komentar