Elektabilitas Herson Mayulu Terus Melejit

BOGANINEWS, BOLSEL – Elektabilitas Hi. Herson Mayulu (H2M), calon legislatif (Celeg) DPR-RI dari PDIP Dapil Sulut, terus melejit. Para pengamat politik pun menilai, kehadiran Herson Mayulu di kanca politik memberikan warna baru bagi politisi di Sulut. Seperti dikatakan pengamat politik Sulut, Taufik Tumbelaka, bahwa Herson Mayulu memiliki tingkat elektabilitas tertinggi, sehingga tidak diragukan lagi. “Herson Mayulu memiliki peluang besar meraih kursi di parlemen,” kata Taufik.

Dikatakannya, dengan posisinya saat ini, Herson Mayulu memiliki peluang besar untuk melenggang bebas menuju ke Senayan. “Probabilitasnya di PDIP, baik wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) khususnya, bahkan Provinsi Sulut tidak diragukan lagi,” ucap Tumbelaka.

Menurutnya, suara pemilih muslim di BMR dan Sulut umumnya yang akan mengarah ke Herson Mayulu, cukup besar, karena persaingannya kecil. “Kalau dulu ada beberapa pesaing, seperti Yasti Sopredjo Mokoagow, yang sekarang sudah menjabat Bupati Bolmong. Begitu juga dengan keluarga mantan Bupati Bolmong Marlina Moha Siahaan (MMS), sudah tidak ada lagi yang mencalonkan diri. Ini semua membuka peluang besar bagi Herson, karena relatif persaingannya tidak terlalu ketat,” jelas Tumbelaka.

Dijelaskannya, semenjak H2M mengundurkan diri dari jabatan sebagai Bupati Bolsel, sudah ada hitungan yang mapan dan terarah. “Kalau saya lihat, beliau sangat berpeluang mengisi salah satu kursi keterwakilan PDIP di DPR RI,” ucap alumni Universitas Gadjah Mada ini.

Lanjutnya, keberadaan beberapa politisi asli PDIP di wilayah BMR, juga nantinya akan memperkuat peta politik H2M menuju senayan. “Ada Rocky Wowor dan Jems Tuuk yang siap membantu. Pada intinya, beliau sudah memperhitungkan secara matang, karena akan membawa suara Sulut khususnya BMR ke tingkat Nasional,” terangnya.

Selain itu, ada satu poin plus yang dimiliki sosok Hi Herson Mayulu, yang tidak ada pada calon lain saat ini, dan sudah melekat serta membekas di hati masyarakat sebagai tokoh toleransi di Sulut.

“Salah satu kekuatan H2M, ketika dirinya mampu merangkul semua umat dan tidak membeda-bedakan. Walaupun seorang Muslim, tapi beliau berbaur kemana-mana. Dan perlu saya tegaskan, bahwa bukan strategi yang membuat H2M berpeluang besar melenggang ke senayan, tapi ketokohannya. Sosok H2M sudah bersama rakyat jauh hari sebelum dirinya mencalonkan diri sebagai caleg,” ungkap Tumbelaka. (Holan)

Komentar