Dorong Produksi Nanas di Kotamobagu, Petani Nanas Dapat Bantuan Alat Pengolahan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, SH, Rabu (19/12) menyerahkan bantuan alat pengolahan nanas dari Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kepada tiga petani nanas di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Menurut Nayodo, bantuan tersebut merupakan tindak lanjut perjanjian kerjasama antara pihak Pemerintah Kota Kotamobagu dan Bank Indonesia lima bulan lalu.”Bantuan yang direalisasikan ini untuk mendorong program UMKM khususnya produksi nenas di Kotamobagu,” jelas Nayodo.

Menurutnya, Kotamobagu memiliki keunikan tersendiri. Sebab, daerah yang sudah menjadi Kota namun perkebunan masih cukup luas.”Kota ini memiliki perkebunan yang luas, maka banyak potensi yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan,” kata Nayodo.

Lanjutnya, luas kebun nanas di Kota saat ini sebesar 136 hektare dan hasil produksi per hektar rata-rata mencapai 10 ribu nenas kemudian uang yang dihasilkan oleh tiga kelompok tani itu sebesar Rp 1 Miliar tiap enam bulan.

“Kalau di hitung jumlah setiap tahun sebesar Rp 2 Miliar, karena itu saya menyampaikan terimakasih kepada pihak BI telah memberikan bantuan untuk penguatan UMKM komoditi nenas di Kotamobagu,” ucap Nayodo.

Adapun bantuan yang diterima para petani nenas berupa mesin pengupas, mesin blender, mesin tilting, cup sealer, working table, sink table, tabung gas dan chest freezer. (tr01/Ino)

Komentar