Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Penyusunan Anjab dan ABK

BOGANINEWS, BOLSEL – BUPATI Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru SPt, Rabu (10/10) membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK), serta evaluasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Quality Manado, selama tiga hari terhitung mulai Rabu (10/10) hingga Jumat (12/10).

Pelaksanaan Bimtek Anjab dan ABK tersebut, berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengamanatkan bahwa setiap instansi pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Selain itu, dengan ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2017 dan perubahan atas Perda Nomor 1 tahun 2017 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, dalam sambutannya mengatakan, penyusunan Anjab dan ABK ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan dan kepegawaian, serta program pendidikan dan pelatihan yang berbasis pada kinerja.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan penyusunan Anjab dan ABK ini dapat mewujudkan PNS yang berdayaguna dan berhasil untuk meningkatkan kemampuan seluruh perangkat daerah dalam menyusun ketentuan-ketentuan, baik representatif dan akurat, serta memberikan dampak terhadap perbaikan kualitas kerja di perangkat daerah masing-masing. Jangan sampai ada kontrak kerja yang
tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Bupati.

Lanjutnya, kegiatan yang dirangkaikan dengan penyusunan evaluasi jabatan ini dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga dipastikan kedepan Pemda Bolsel akan menyesuaikan dengan hasil evaluasi jabatan dalam hal proses penggajian dan pemberian tunjangan kinerja. Bupati juga meminta, kepada seluruh peserta bimtek dapat mengikutinya dengan baik. “Saya minta seluruh peserta bimtek dapat mengikuti dengan serius. Sehingga pengetahuan yang diterima bisa diterapkan dan diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari pada perangkat daerah masing-masing,” pinta Bupati.

Diketahui, Bimtek tersebut menghadirkan narasumber Fera Aprilisa (Direktorat Kompensasi ASN BKN), Ismail Fahmi (Direktorat Kepegawaian dan Formasi BKN Pusat) dan di ikuti 50 peserta. Turut hadir pada Bimtek dan evaluasi jabatan tersebut, Sekda Bolsel Marzasius Arvan Ohy, para Asisten dan pejabat eselon II, III dan IV. (Advetorial)

Komentar