Bappelitbangda Presentasi Dokumen RKPD 2018 di Provinsi

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu, Selasa (20/03) mengikuti Rapat Evaluasi Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2018, di Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Utara.
 Menurut Kepala Bappelitbangda Kotamobagu Sofyan Mokoginta mengatakan, kegiatan merupakan rapat evaluasai yang bertujuan un tuk mempersiapkan penilaian dan pencapian pembangunan yang baik.
“Dalam upaya meningkatkan kualitas dokumen perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan di daerah, Kementerian PPN/Bappenas memberikan apresiasi dan pengharagaan Pangripta kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang mempunyai perencanaan dan pencapaian pembangunan yang baik. Untuk itu kami mempresentasikan dokumen RKPD Pemkot tahun 2018,” jelasnya.
Menurutnya, berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2004, tentang sitem perencanaan pembangunan nasional yang bertujuan untuk menjamin kegiatan pembangunan berjalan secara efektif, efisien dan berkesinambungan guna tercapainya sasaran pembangunan nasional.
“Penilaian penerimaan penghargaan dengan perencanaan dan pembangunan terbaik terdiri dari beberapa aspek yakni, keterkaitanantara dokumen perencanaan, konsistensi, kelengkapan, kedalaman, keterukuran dan capaian pelaksanaan pembangunan di daerah,” kata Sofyan.
Ia pun menambahkan, jika sudah melewati tahapan evaluasi ini, maka penilaian akan masuk tahap verifikasi lapangan kabupaten/kota nominasi dan tahapan penentuan kabupate /kota penerima penghargaan tingkat provinsi. “Setelah itu dilanjutkan ke tahapan evaluasi dokumen perencanaan tingkat nasional dan penetapan penerimaan penghargaan tingkat nasional,” tambahnya (Ino)

Komentar