Wabup Boltim Buka MTQ ke-VI Tingkat Kabupaten

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rabu (11/3/2020) menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VI tingkat Kabupaten. MTQ ke-VI tingkat kabupaten kali ini mengusung tema “Dengan MTQ Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Profesional dan Qur’ani Untuk Mewujudkan Indonesia Maju”.
Kegiatan MTQ ini di buka oleh Wakil Bupati (Wabup) Boltim Rusdi Gumalangit, bertempat di lapangan Purworejo Kecamatan Modayag. Pada kesempatan itu, sambutan panitia, yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Priyamos, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah mensukseskan pembukaan kegiatan MTQ, juga kepada peserta dan tamu undagan yang hadir.
“Selamat datang dan selamat berlomba para peserta MTQ tingkat kabupaten. Apresiasi kepada seluruh jajaran panitia, juga Camat Modayag, seluruh perangkat desa dan peserta yang turut andil dalam kegiatan ini, serta antusias masyarakat Boltim. Ada pun laporan kami untuk kegiatan MTQ ke-VI Kabupaten Boltim akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 11 sampai 13 Maret 2020. Untuk sumber dana berasal dari hibah Pemkab Boltim,” jelas Priyamos.
Sementara itu, Wabup Boltim Rusdi Gumalangit, dalam sambutannya mewakili Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada semua pihak, seluruh panitia bersama dewan hakim, dan para pengurus LPTQ atas terlaksananya MTQ ke-VI, Kabupaten Boltim yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan. “Selamat datang para kafilah dan selamat berlomba. Semoga kegiatan ini akan melahirkan jawara terbaik,” ucap Rusdi.
Wabub juga berharap, kegiatan MTQ ini dapat melahirkan Qori’ dan Qori’ah yang teladan dan bisa mewakili Boltim ke tingkat berikutnya.
“Al-quran adalah pembeda antara yang benar dan salah. Juga mengandung nilai-nilai yang kita junjung. Kecintaan kepada Al-Qur’an melalui semboyan ‘Tiada hari tanpa bacaan Alqur’an merupakan pahala yang sangat besar. Mari kita jadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama di antara sekian banyaknya koleksi buku bacaan kita. Oleh sebab itu, lewat kegiatan MTQ ini saya berharap akan lahir Qori’ dan Qori’ah Hafidz/Hafidza juga jawara dalam cabangnya masing – masing, yang menjadi teladan dan menyebarkan nilai-nilai luhur, meningkatkan Ukhuah Islamiah dan bisa mewakili Boltim ke tinggkat Propinsi Sulut pada bulan April mendatang,” harapnya.
Wabup juga berpesan kepada dewan hakim agar benar-benar memberikan penilaian dan memutuskan para juara secara objektif, sesuai kemampuan peserta, agar benar lahir jawara terbaik. “Berikan penilaian yang objektif sesuai kualitas peserta untuk melahirkan jawara terbaik,” pintanya.
Untuk diketahui, sejumlah lomba MTQ yang dipertandingkan diantaranya, seni baca Al-Qur’an, cabang hafalan Qur’an golongan putra-putri, seni kaligrafi dan beberpa lomba lainnya.
Usai sambutan Wabup membuka dengan resmi kegiatan MTQ ke-VI ditandai dengan memukul beduk, dan bersama jajaran memasang obor bertanda telah dibukanya kegiatan MTQ. Turut hadir dalam pembukaan MTQ ke-VI Anggota DPRD Boltim, seluruh Kepala SKPD lingkup Boltim, Kapolres Boltim, Kemenag Boltim, Camat beserta Sangadi (kepala desa) se Kecamatan Modayag, peserta MTQ serta tamu dan undangan. (Advetorial)

Komentar