Wabup Bolsel Gelar Pertemuan dengan Ditjen PPMD

BOGANINEWS, BOLSEL – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, Jumat (5/7/) melakukan pertemuan dengan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD), Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indinesia.

Pada pertemuan tersebut, Wakil Bupati bersama jajaran disambut langsung oleh Moh. Fachri S.STP. M.Si, selaku Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), di ruang kerja Direktur PMD Gedung B Kemendes.

Wabup pada pertemuan itu menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Bolsel dalam pengoleloaan Dana Desa berpedoman pada peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019.

“Yang dalam pelaksanaanya berjalan dengan baik, namun ada beberapa masalah yang di temukan di lapangan diantaranya soal kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa dalam pengololaan dana terbilang besar ini,” ujar Wabup.

Lanjutnya, Saya dan Bupati memang saat ini terus melakukan pengawasan yang sebelumnya telah di canangkan Bupati terdahulu Hi. Herson Mayulu lewat klinik desa sehingga meminimalisir dan mencegah kesalahan dalam pengelolaan dana desa.

“Namun ini saya rasa akan lebih baik jika mendapatkan dukungan dari Kementerian yakni lewat dukungan pengembangan kapasitas (capacity building) kepada aparat kami di desa,”kata Wabup.

Hal itu kemudian disambut baik oleh Direktur PMD, bahwa dirinya akan memaksimalkan tenaga pendamping desa baik pemberdayaan maupun teknis, agar dapat terus mengawal pengelolaan dana desa.

“Terkait usulan pak Wabub, tentu kami akan sinergikan,” kata Direktur, sembari menitip salam untuk pak Bupati. (Holan)

Komentar