Festival Budaya Daerah dan Tarian Seni Kreasi Akan Digelar di Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), rencananya akan mengelar kegiatan lomba festival budaya daerah dan tarian seni kreasi.

Hal ini diungkapkan Kepala Dikbud Boltim, Yusri Damopolii, Senin (8/7/2019). Dikatakannya, untuk kegiatan festival budaya daerah serta seni dan tari-tarian daerah pekan depan digelar.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan budaya seni kita sendiri khususnya di Boltim. Jadi, tujuannya ini mengangkat budaya seni lokal yang dinilai mulai dikikis oleh zaman,” jelas Yusri.

Hal senada juga dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Budaya, Srie Kadarningsih, bahwa ada sejumlah seni budaya yang nantinya akan dipentaskan, seperti tarian dana-dana, pantun pidato bahasa daerah Mongondow, dan lagu bahasa daerah

“Melalui program ini, kita lestarikan budaya seni kita sebagai suku Mongondow melalui generasi muda atau anak-anak kita, supaya tidak terkikis zaman yang semakin modern ini. Untuk pentasnya selama dua hari, dipusatkan di aula Dikbud Boltim, pada Kamis tanggal 11 sampai 12 Juli, dengan anggarannya sebesar Rp 57 juta dari APBD,” terang Srie.

Lanjutnya, untuk pesertanya kita ambil mulai dari tungkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta kategori umum yakni tiga organisasi mahasiswa Boltim.

“Kita akan menyurat kepihak kecamatan, nantinya camat menindaklanjuti hingga ke desa untuk peserta kategori umum. Untuk tarian dana-dana berjumlah 4 orang. Hal ini untuk memajukan seni budaya, supaya tidak dilupakan oleh kita semua terutama generasi muda,” jelasnya. (Agung)

Komentar