Disdik Bolsel Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Pendidik PAUD

BOGANINEWS, BOLSEL – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Pelatihan Peningkatan Mutu Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Grend Fajar Soguo.

Kegiatan pelatihan yang di ikuti 362 peserta tersebut, telah berlangsung sejak Senin (1/10) hingga Kamis (4/10) di buka oleh Kadis Pendidikan Rikson Paputungan yang diwakili Sekretaris Disdik Rante Hattani. Menurut Kabid PAUD Sakina Hasan, pada hari pertama dan kedua, peserta mendapat pelatihan penyusunan RPPM dan RPPH yang menghadirkan Ketua IGTKI Provinsi Sulut, Adeleida Alfiani Tewuh sebagai narasumber. “Peserta juga mendapat pelatihan implementasi kurikulum K13,” kata Sakinah.

Pada hari ketiga dan keempat, peserta mendapat pelatihan membuat Alat Permainan Edukatif (APE) dari kertas kokoru dan kardus dengan narasumber Izul Fitria selaku konsultan pengembangan pembelajaran TK dan Kober. “Peserta juga mengikuti senam, menari dan menyanyi dengan ekspresi. Diharapkan apa yang di terima dalam pelatihan, dapat diimplementasikan saat mengajar guna melahirkan anak-anak yang kreatif,” terang Sakinah.

Semenatar itu, Izul Fitria menjelaskan, APE merupakan alat pembelajaran yang wajib diketahui pendidik PAUD. Manfaatnya, agar anak-anak lebih kreatif. “Guru juga harus kreatif. Alat peraganya juga harus menarik para peserta didik,” kata Izul.

Dikatakannya, dalam pelatihan tersebut ada tujuh bentuk kreatifitas berbahan dasar kertas kokoru dan gardus. “Jadi dengan kreatifitas, anak tidak bosan berada di dalam kelas. APE bisa melahirkan kreatifitas anak yang cendurung kaku. Tapi, proses pembelajarannya harus sesuai tema agar bisa menarik minat anak,” ungkapnya.

Sementera itu, pengurus TK Aisya Alma Djafar mengucapkan terima kasih karena telah mendapat undangan dari Bidang PAUD Disdik Bolsel. “Kami bersyukur turut dilibatkan. Lewat pelatihan ini, TK dan Kober Aisya tidak akan ketinggalan dalam memberikan pendidikan dan pembelajaran,” aku Alma. Diketahui, kegiatan tersebut di ikuti 362 tenaga pendidik PAUD yang tersebar di 71 TK dan 14 kelompok belajar (Kober) di Bolsel. (Holan)

Komentar