Kabupaten Bolsel Terima Penghargaan Swasti Sabha Wistara

BOGANINEWS, BOLSEL – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Selasa (19/11/2019) menerima penghargaan Swasti Sabha Wistara tingkat pertama atau Padapa dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.‬ Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, kepada Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru.
Saat menerima penghargaan, Bupati Bolsel didampingi Kepala Dinas Kesehatan Bolsel dr. Sadly Mokodongan di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat. Usai menerima penghargaan, Bupati Bolsel mengatakan, keberhasilan meraih penghargaan ini patut disyukuri.
“Sangat bersyukur dan merasa bangga mendapatkan penghargaan ini. Penghargaan ini hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bolsel,” kata Bupati.
Lanjutnya, keberhasilan ini juga merupakan hasil kerja keras semua elemen masyarakat Bolsel baik Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa serta masyarakat dan seluruh instansi terkait.
“Keberhasilan ini merupakan gelar awal yang perlu ditingkatkan ditahun mendatang untuk meraih gelar selanjutnya. Saya berharap penghargaan Swasti Sabha Padapa ini menjadi daya dorong bagi kita semua untuk bersatu padu bersinergi melangkah ke tingkat selanjutnya yakni Swasti Sabha tingkat Wiwerda pada tahun mendatang,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bolsel dr. Sadly Mokodongan mengungkapkan, penghargaan Swasti Saba Padapa ini merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Bolsel yang mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
“Kami sangat bersyukur Kabupaten Bolsel mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai Kabupaten Sehat dengan kategori Swasti Sabha Padapa. Penghargaan ini merupakan yang pertama kalinya diterima Kabupaten Bolsel,” jelas Sadly.
Diungkapkannya, ada sembilan tatanan yang menjadi kriteria penilaian penghargaan Swasti Sabha Padapa.Yakni; tatanan pemukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, serta tatanan industri dan perkantoran yang sehat.
“Kriteria lainnya adalah tatanan kawasan pariwisata sehat, tatanan pertambangan sehat, tatanan hutan sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan ketahanan pangan dan gizi, serta tatanan kehidupan sosial yang sehat,” paparnya.
Ia juga berharap, penghargaan ini dapat memotivasi seluruh masyarakat Kabupaten Bolsel untuk selalu berperilaku hidup sehat.
“Kami berharap penghargaan yang diraih ini bisa memotivasi semua pihak untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat, agar tertanam pola hidup sehat. Sehingga target meraih Kabupaten sehat kategori Swasti Sabha Wiwerda di tahun mendatang dapat terwujud,” jelasnya. (Holan)

Komentar