Hadiri Ritual Mandi Safar Warga Desa Babo, Pj Bupati Bolmong Dorong Jadi Wisata Tahunan

BOGANINEWS, BOLMONG – Pj Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit mendorong ritual Mandi Safar di Desa Babo menjadi wisata tahunan.

Hal ini dikatakan Limi Mokodompit dalam sambutannya saaat menghadiri ritual Mandi Safar, oleh warga Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang, Rabu (21/9/2022).

Diketahui, ritual Mandi Safar ini digelar pada Rabu terakhir bulan Shafar tiap tahun Hijriyah.

Dalam sambutannya Limi mengapresiasi tradisi yang terus dilestarikan warga Desa Babo ini.

Menurutnya, tradisi Mandi Safar tidak hanya untuk memperingati, merayakan dan mendoakan.

Akan tetapi kata Limi, hal ini merupakan suasana yang memberikan ruang bagi seluruh masyarakat, apalagi ini mengarah pada pariwisata

Limi pun mencontohkan, seperti di Bali ada ritual orang Hindu sembahyang, dan itu justru itu yang menarik wisatawan dari luar.

“Jika perlu kegiatan yang bernuansa religi seperti ini, bukan hanya digelar kecil, tapi dibuat lagi lebih besar,” kata Limi.

“Insya Allah, kedepan akan buat lebih besar. Supaya menjadi destinasi wisata religi,” sambungnya.

Selain itu kata Limi, bisa menopang Pendapatan Asli Desa (PADes), dan peningkatan ekonomi bagi UKM Desa Babo.

“Kita bisa melakukan kegiatan lainnya yang punya nilai ekonomi dan nilai kepariwisataan, sehingga daerah ini akan lebih maju kedepan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Limi juga menyerahkan bantuan fasilitas untuk mendorong pariwisata Desa Babo berupa 1 unit Speedboat dan 1 unit Banana Boat, dan Limi Mokodompit ke Bumdes Desa Babo. (Advertorial)

Komentar