Ini Pesan Bupati Saat Kukuhkan 29 Anggota Paskibraka Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, Senin (15/8/2022) mengukuhkan 29 anggota Paskibraka Kabupaten Boltim, bertempat di lantai III kantor Bupati.

Dalam penyampaiannya Bupati mengatakan, ada banyak pemuda yang ada di Boltim, namum kalianlah yang terpilih mengemban amanah mulia ini.

“Anak – anakku yang saya cintai dan banggakan, sebelum dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka, kalian telah menjalani serangkaian pelatihan dan pendidikan yang bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas yang penting yaitu, pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT Republik Indonesia ke-77 di Kabupaten Boltim,” kata Bupati.

Dikatakannya, disamping menjalani penempaan secara fisik, kalian juga mengalami penempaan secara mental yang tentunya berguna dalam membangun sikap, mental dan moral yang bertanggung jawab pada pelaksanaan pengibaran bendera merah putih.

“Tentunya dengan pelatihan dan pendidikan yang telah diikuti akan berguna bagi diri kalian di masa yang akan datang. Lebih dari itu, kalian yang masih dalam usia remaja, telah berkesempatan mendapat kepercayaan dan tanggung jawab yang cukup besar untuk mengibarkan bendera merah putih. Tugas yang kalian jalankan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi orang tua kalian, karena putra-putrinya mendapatkan kesempatan dan kepercayaan untuk menunaikan suatu tugas yang mulia,” ucap Sachrul.

Bupati juga menambahkan, dalam rangkaian acara pengukuhan Paskibraka, sebagaimana ikrar putra putri Indonesia yang telah diucapkan dengan prosesi cium bendera merah putih yang telah dilakukan adalah satu hal yang perlu ditanamkan dalam diri.

“Misi Paskibraka tidak boleh berhenti pada momentum peringatan ulang tahun ke-77 Republik Indonesia ini saja. Namun jiwa nasionalisme dan patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk, harus mampu dijiwai dan terus diimplementasikan dalam perilaku kehidupan sehari-hari, sehingga mampu memberi energi positif dan menjadi contoh serta tauladan bagi generasi muda lainnya dan juga masyarakat,” jelas Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua/wali anggota Paskibraka karena telah mendoakan, memberikan dorongan dan motivasi kepada anak-anaknya, sehingga mampu bertahan dalam setiap proses penyeleksian dan latihan yang sangat berat dalam mengemban tugas sebagai anggota Paskibraka pada puncak peringatan ulang tahun ke-77 Republik Indonesia.

“Kepada orang tua/wali, para pembina, pembimbing, pelatih, panitia dan para purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, saya ucapkan terima kasih atas segala usaha, serta dalam membimbing selama proses pelatihan dan pendidikan putra-putri terbaik di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Meskipun ketika pelaksanaan latihan kurang bersahabat, tapi saya bangga melihat anak-anak yang begitu antusias dan semangat dalam menjalankan tugas yang mulia ini. Semoga dengan pengukuhan ini, sampai dengan tanggal 17 Agustus nanti, hingga pengibaran dan penurunan bendera merah putih akan sukses dan terlaksana dengan baik. Saya ucapkan banyak selamat, dan selamat bertugas untuk kerja yang mulia ini. Anak-anakku cintailah ibu Pertiwi NKRI, jadilah putra putri terbaik generasi Bangsa,” pungkas Bupati.

Turut hadir dalam pengukuhan anggota Paskibraka Boltim diantaranya, Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo, Sekda Sonny Warokka, Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara S.I.K, Wakil Ketua DPRD Boltim Medy Lensun, Kepala OPD Lingkup Pemkab Boltim, Purna Paskibraka, anggota Paskibraka, dan orang tua wali.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar