Kemenkes RI Kunjungi Dinkes dan RSUD Bolmong

BOGANINEWS, BOLMONG Tim Assessment Malaria Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Rabu (9/9/2020) mengunjungi Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Datoe Binangkang.
Kunjungan tim dari Kemenkes ini, dalam rangka untuk eliminasi Malaria di wilayah Bolmong. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bolmong dr. Erman Paputungan, melalui Kepala Bidang Penanggulangan Pengendalian Penyakit Yusuf Detu, Bolmong sudah memenuhi syarat eliminasi malaria, sebab dalam tiga tahun terakhir, tidak ada kasus indigenous (penularan lokal), Annual Paracite Insidence 0.02% (syarat kurang dari 1 %) dan Slide positif rate 2.41% (syarat <5%).
“Tadi ada presentasi Kadis Kesehatan dan review dokumen administrasi eliminasi malaria. Juga kunjungan ke laboratorium RSUD sebagai RS rujukan kasus malaria, serta meninjau gudang farmasi kabupaten,” jelas Detu.
Sementara itu, Dirut RSUD Datoe Binangkang, dr. Debby Kulo mengatakan, kunjungan tersebut untuk melihat kesiapan RSUD Datoe Binangkang dalam rangka merawat pasien yang terkena penyakit Malaria. “Kesiapan yang ditinjau diantaranya, sarana, sumber daya manusia dan penunjang lainnya. Untuk RSUD Bolmong sudah layak,” jelas Debby.
Dikatakannya, meski sudah layak, namun pihaknya tetap melakukan peningkatan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) dalam hal analisis khusus pemeriksaan malaria. “Begitu juga dengan obat-obatan, kami tetap bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bolmong terkait permintaan obat malaria,” akunya.
Diketahui, Tim Komisi Assessment Eliminasi Malaria Kemenkes RI, diketuai oleh dr. Desriana Elizabeth Ginting, didampingi oleh Sabar Paulus, Istiqamah (BLLK Makassar), Priyanto dan Nova Ratu (Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara). (Red)

Komentar