Tingkatkan Produksi Ternak Sapi, Dispertanak Bolmong Ajak Warga Datangi UPTD Peternakan

BOGANINEWS, BOLMONGUntuk mendorong produksi peternakan sapi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Pemkab Bolmong melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) melakukan Insiminasi Buatan (IB).
IB atau kawin suntik pada sapi ini juga mulai dicanangkan Pemerintah pusat untuk mendorong produktivitas ternak sapi di daerah daerah.
Kepala Dispertanak Bolmong Remon Ratu mengaku, Kabupaten Bolmong sendiri mulai tahun 2020 telah menargetkan 600 ekor sapi yang akan dilakukan IB. hal ini dikatakan Kepala Dispertanak, Remon Ratu. “Saat ini sudah ada 200-an yang dilakukan IB, dari target kami 600,” jelasnya.
Sehingga itu, dia mengajak masyarakat yang ingin ternak sapinya dilakukan kawin suntik dengan hasil yang baik. “Silahkan mendatangi UPTD Peternakan yang ada di desa Tapa Aog,” ucapnya.
Selain itu katanya, untuk memenuhi target tersebut, pihaknya tidak memunggut biaya. “Untuk sperma sapi yang akan di suntikan itu dari berbagai jenis, bahkan ada yang dari luar negeri, dan kami gratiskan. Hanya saja kalau bisa untuk petugas yang menyuntikan ini diberikan uang transport, mereka yang akan datang ke lokasi. Tapi harus juga dipastikan dulu cirri-ciri ternak yang akan di IB ini,” katanya. (ino)

Komentar