Hasil Budidaya Tanaman Durian Montong Ini, Raih Ratusan Juta per Panen

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Memiliki tanaman durian sebanyak 38 pohon, Hendra Hamim bisa meraup omzet ratusan juta per panen.

Kebun milik salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu itu, terletak diwilayah perkebunan Desa Kobo Kecamatan Kotamobagu Timur.

“Jumlah tanaman durian montong ini sebanyak 38 pohon. Alhamdulillah setiap panen omzetnya mencapai ratusan juta,” kata Hamim, Senin (25/2).

Ia menjelaskan, tanaman durian itu mulai dibudidayakannya sekitar 7 tahun yang lalu. “Usia tanaman sekarang ini 7 tahun. Produksi setiap tanaman rata-rata 30 buah dengan berat 5 kilogram,”

Lanjutnya, pemasaran hasil tanaman ini juga cukup mudah. Bahkan para pembeli langsung datang ke lokasi perkebunan. “Harga per buah rata-rata 40 ribu rupiah Pembeli yang langsung datang ke sini,” ujarnya.

Disisi lain ia menambahkan, untuk perawatan Durian Montong seperti perawatan tanaman lainnya. Dimana sebelum berbuah, saat berbuah dan panen harus diberikan pupuk.

“Umur 4 tahun sudah mulai berbuah. Tapi semuanya tergantung perawatan dan bibit yang ditanam,” tandasnya.

Diinformasikan, lokasi perkebunan Durian Montong milik Hendra ini juga dikunjungi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat kunjungan kerja di Kotamobagu, Senin (24/2). (*/St)

Komentar