Jumbara ke-IX, Pemkab Boltim Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis dan Perekaman KTP

BOGANINEWS, BOLTIM – Selain kegiatan pameran, lomba tarian derah seperti dana-dana, juga goyang Kaka Enda, yang di ikuti seluruh Desa se-Boltim, pada kegiatan Jumbara ke-IX TP-PKK Kabupaten, bertempat di Desa Togid, Pemkab juga menyediakan pelayanan KTP, KK, juga administrasi lainnya dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang berada di lokasi stend Jumbara.

Seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) Botim, memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat. Kegiatan ini selain bertujuan untuk mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sekaligus mewujudkan masyarakat Boltim sehat.

Hal ini dikatakan Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi, bahwa selama kegiatan Jumbara berlangsung, Dinkes juga standby untuk melayani pemeriksaan kesehatan gratis. “Kami menyiapkan tenaga dokter, perawat dan bidan untuk memberikan pelayanan pemeriksaaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat yang berada di kegiatan Jumbara. Jadi masyarakat manfaatkan kesempatan ini untuk memeriksakan kesehatannya di stand Dinkes,” jelas Eko Kamis (17/10/2019).

Lanjutnya, keberadaan Dinkes di Jumbara, untuk mensosialisakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (Germas). “Mensosialisasikan hidup sehat, prilaku sehat, Stop BABS dan program Germas kepada masyarakat untuk menuju Boltim Sehat,” tuturnya.

Tak hanya pelayanan kesehatan gratis, terpantau oleh media ini, setiap SKPD terkait ikut berperan dalam pelayanan kepada masyarakat. Seperti Disdukcapil, pelayanan KTP, KK, Akta anak, Akta kematian dan berkas adminiatrasi kependudukan lainnya.

Ada juga Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP), melakukan pelayanan perijinan usaha IMB dan beberapa pelayanan lainnya bagi maayarakat. Selain itu, ada beberapa promosi kebudayaan, promosi hasil daerah, detinasi wisata, kopi, sayuran, rempah rempah dari Mooat dan bermacam macam hasil daerah yang ada di Boltim. (Agung)

Komentar