22 ASN Kotamobagu Ikut Ujian Asesmen Seleksi JPTP

BOGANINEWS, KOTAMOBAGUSebanyak 22 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kotamobagu mengikuti ujian Assesmen Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemkot Kotamobagu, yang dilaksanakan di Aula Bappelitbanda Kotamobagu bekerjasama dengan Pusat Pengembangan SDM Kemendagari Regional Makassar.
Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, yang membuka kegiatan itu berpesan agar para peserta supaya dapat mengexplore semua kemampuan yang kalian miliki dan pelajari.
“Menurut saya, ASN yang telah melewati proses karir kepegawaian, kepangkatan dan beberapa bimbingan teknik dan pendidikan yang dia dilalui, itulah didatangi penguji hari ini apakah kalian mampu menyerap apa-apa yang kalian pelajari, sejak merengkuh jabatan sebagai ASN,” kata Nayodo.
Sementara, salah satu penguji Muh Chaeder menyampaikan Assesmen ini akan dilaksanakan selama dua hari, dengan materi ujianya sesuai disampaiakan badan kepegawaian yaitu kita mengacu pada standar kompetensi yang telah disusun Pemkot Kotamobagu.
“Judul kita adalah uji kompetensi, maka harus ada standar dulu kita lihat, dan standar itu kita ujikan kepada bapak ibu sekalian apakah memenuhi standar itu untuk di level jabatan tertentu,” jelasnya.
Lanjutnya, misalkan menjadi Kasat Pol PP yang menjadi salah hari ini yang akan kita uji, apakah sanga pelamar itu memenuhi kriteria untuk menjadi seorang Kasat Satpol PP berdasarkan standar yang ditetapkan Pemkot Kotamobagu.
“Jadi ada beberapa standar sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, serta amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa didalamnya disebutkan ada empat kompetensi yang harus dimiliki setiap ASN di level manapun baik di staf sampai ke level jabatan tertinggi di tingkat ASN,” ungakpanya. (ino)

Komentar