Beranda Kotamobagu Jaga Kearifan Lokal, Kelurahan Kotobangon Gelar Pelatihan Pembinaan Lembaga Adat

Jaga Kearifan Lokal, Kelurahan Kotobangon Gelar Pelatihan Pembinaan Lembaga Adat

0
BERBAGI
Sosialisasi pelatihan pembinaan lembaga adat di Kelurahan Kotobangon.
BOGANINEWS, KOTAMOBAGUPemerintah Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kamis (15/8) menggelar sosialiasi pelatihan pembinaan lembaga adat di kelurahan tersebut.
Menurut Lurah Kotobangon Kori Manoppo mengatakan, tujuan dari kegiatan untuk lebih memberikan pemahaman kepada para pelaksana adat serta masyarakat di Kelurahan Kotobangon.
“Ini penting dilakukan kerena untuk Kelurahan Kotobangon  sendiri, tekait  dengan kearifan lokal (Oadatan) masuk hingga ke sendi-sendi kehidupan sosial masyarakat,” jelasnya.
Diharapkannya, melalui kegiatan seperti ini masyarakat dapat betul-betul memahami tentang adat dan terus mempertahankannya keberadaannya.
“Kita berupaya dalam kegiatan ini untuk melakukan pengkaderan kepada para generasi muda, biar kedepan nanti ada penerus untuk pelakasana adat di Kelurahan Kotobangon,” harapnya.
Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Kelurahan Kotobangon Hamli Djaman menjelaskan kegiatan pembinaan ini lebih di titik beratkan pada proses pelaksana adat pernikahan.
 “Kami di Kelurahan Kotobangon sendiri, untuk prosesi pernikahan mulai dari tahapan peminangan (Moimbuloyan) sampai pada pelaksanaan akad nikah, selian mengunakan aturan agama dan negara, juga tetap mengunakan hukum adat seperti pada acara “Mogama”. Untuk itu, kegiatan sepert ini dapat terus dilakukan agar budaya ini tidak akan punah begituh saja,” kata Djaman.
Diketahui, dalam pelatihan tersebut juga menghadirkan pemateri Hairun Mokoginta, selaku Tokoh Adat Bolaang Mongondow. (ino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.