Beranda Kotamobagu Bakal Dijadikan Museum, Gedung Bobakidan Akan Direhab Total

Bakal Dijadikan Museum, Gedung Bobakidan Akan Direhab Total

0
BERBAGI
Moch Agung Adati
BOGANINEWS, KOTAMOBAGUGuna melestarikan benda-benda bersejarah di Kota Kotamobagu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu berencana membangun museum di wilayah Kota Kotamobagu.
Menurut Kepala Disparbud Kotamobagu Moch Agung Adati, kehadiran museum sangat penting sekali sebagai sarana yang dibutuhkan untuk melestarian peralatan maupun benda-benda bersejarah di Kota Kotamobagu.
“Kalau dari Disparbud sendiri sebetulnya sudah mempunyai perencanaan untuk mengusulkan salah satu yang akan dijadikan museum itu yakni gedung Bobakidan yang terletak di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur,” kata Adati kepada para pewarta saat menghadiri program kegiatan penyuluhan sosialiasi prodak hukum Ranperda tentang RIPPDA di Restauran Lembah Bening, Senin (19/8) kemarin.
Hanya saja kata Adati, dengan kondisi gedung seperti saat ini, tentu masih perlu untuk direhab total. Karena, kondisi struktur di lantai dua gedung itu tidak bisa lagi direnovasi tapi harus direhap total.
“Tapi kalaupun dibangun, sesuai gambar itu tidak akan meningalkan bantuk aslinya, tapi diperlebar sedikit,” jelasnya.
Sementara itu ditanya soal kapan pembangunan gedung ini akan dimulai, Adati mengatakan pihaknya masih menunggu pembahasan dengan Tim Anggaran.
“Rencananya akan kita usulkan pada tahun 2021 atau 2022 tahun mendatang,” katanya. (ino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.