Tatong Bara Upayakan Pengadaan Fasilitas Pendingin Jenazah

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, akan terus berupaya untuk melobi anggaran ke pemerintah pusat maupun provinsi terkait pengadaan fasilitas di RSUD Kotamobagu, yang salah satunya fasilitas di kamar pendingin jenazah.

Menurut Wali Kota, hal ini dilakukan agar kedepan RSUD sudah siap sebagai rumah sakit rujukan di Bolmong Raya, maupun Provinsi Sulut.

“Dengan keterbatasan anggaran ini, kita akan pacu untuk tahun depan, mudah-mudahan kita dapat anggaran dari pusat ataupun provinsi untuk melengkapi fasilitas di kamar pendingin jenazah,” kata Wali Kota.

Menurutnya, hingga saat ini seluruh rumah sakit yang berada di Bolaang Mongondow Raya belum ada yang memiliki fasilitas lemari pendingin jenazah.

“Untuk RSUD Kotamobagu bangunannya sudah kita bangun sejak tahun lalu. Dan mudah-mudahan tahun ini sampai tahun depan bisa kita lengkapi. Semoga pemerintah pusat dan provinsi bisa melihat kondisi ini, karena rumah sakit se-Bolmong Raya belum ada fasilitas lemari pendingin untuk jenazah,” terangnya.

Dikatakannya juga, ruangan di gedung jenazah sudah representatif dan telah perhitungkan untuk penanganan korban misalnya ada bencana banjir, tanah longsor, kebakaran dan lain-lain. “Dan ini sudah kita persiapkan lebih besar lagi dari pada yang ada. Jadi untuk rujukan sudah dipersiapkan,” jelasnya.

Diketahui, RSUD Kotamobagu saat ini menjadi Posko Postmortem DVI Polda Sulut untuk proses identifikasi korban longsor tambang emas Bakan. (Ino)

Komentar