Kurangnya Minat Baca Masyarakat Boltim, Dinas Perpustakaan Jemput Bola

BOGANINEWS, BOLTIM – Kurangnya minat baca masyarakat yang ada di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), membuat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Boltim, melakukan program jemput bola dengan cara membuka pelayanan mobil perpustakaan keliling disetiap Kecamatan dan Desa.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Boltim, Suharto Paputungan SPd, pada media BoganiNews.com, Selasa (5/3/2019). Menurutnya, secara umum antusias minat baca masyarakat yang datang keperpustakaan masih kurang.

“Kalaupun ada beberapa orang yang datang, mereka hanya mencari buku bercocok tanam, budidaya tanaman, sperti buku budi daya cabe, tomat, bawang,  buku budi daya tanaman lainya dan buku kesehatan, tentang agama dan buku pelajaran anak sekolah,” ungkap Suharto di ruang kerjanya.

Untuk itu kata Suharto, pihaknya melakukan pelayanan mengunjungi langsung masyarakat atau jemput bola.

“Kurangnya minat baca masyarakat yang datang langsung ke kantor perpustakaan tersebut, membuat kami melakukan jemput bola. Dengan cara, mengunjungi langsung dengan mobil perpustakaan keliling  ke lokasi sekolah, ke pasar di setiap kecamatan/desa,” jelas Suharto.

Selain itu katanya,  di tahun ini juga pihaknya mempunyai program di bidang perpustakaan dan kearsipan tentang sosialisasi di sekolah, pasar, sampai menyentuh masyarakat umum.

“Fasilitas buku yang sering mereka baca itu tentang kesehatan, bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan buku pelajaran anak sekolah,” kata Suharto.

Sekadar informasi, Dinas Perpustakaan Boltim telah memfasilitasi mobil perpustakaan keliling dengan menyediakan berbagai buku – buku pelajaran bagi anak sekolah, buku budidaya tanaman, buku peternakan, keagamaan, kesehatan dan banyak juga buku majalah lainnya untuk dibaca. (Agung)

Komentar